icon-category Gadget

MWC 2024: Uniknya Smartphone Layar Gulung Tecno Phantom Ultimate

Bagikan :

Barcelona, Spanyol, Uzone.id - Smartphone layar lipat? Sudah biasa. Sekarang eranya menuju rollable phone atau smartphone dengan layar gulung, seperti Tecno Phantom Ultimate yang mejeng di Mobile World Congress (MWC) 2024. 

Smartphone layar gulung besutan Tecno memang bukan yang pertama, sudah ada Samsung, Oppo, Xiaomi, dan merek teknologi kenamaan lainnya yang lebih dulu menggarap dan memamerkan inovasi ini. 

Kendati demikian, Tecno Phantom Ultimate tampil mengesankan - saking bagusnya kami mengira ponsel ini merupakan produk jadi yang siap dipasarkan, bukan sebuah perangkat prototipe. 

alt-img

Konsep Phantom Ultimate menawarkan experience smartphone dan tablet dalam satu perangkat. Mode default-nya adalah smartphone dengan dua sisi layar, dimana layar utamanya seluas 6,55 inci.

Layar pada bagian belakangnya bertindak sebagai Always-On Display, menampilkan berbagai live wallpaper dan berbagai informasi dari aplikasi yang akan terus dikembangkan ke depannya.

alt-img

Sementara ketika menekan tombol bagian atas, layar 6,55 inci tersebut akan melebar menjadi 7,11 inci dalam waktu kurang lebih 1 detik. Adapun jenis layarnya adalah LTPO AMOLED dengan resolusi 2.296 x 1.596 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 388 PPI, serta mendukung refresh rate adaptif dari 1Hz sampai 120Hz.

Mekanismenya rollable phone buatan Tecno gak se-simple smartphone lipat yang mengandalkan engsel untuk buka tutup layar. Tecno menyematkan sistem single-drive motor dengan torsi yang cukup tinggi untuk memperluas layar perangkat.

alt-img

Bagaimana ketahanannya? Tecno sih mengklaim, mekanisme single-drive ini menciptakan gerakan yang mulus untuk mengurangi gesekan pada layar, sekaligus meningkatkan daya tahan dan keandalan perangkat rollable phone.

Berkat mekanisme ini pula, Phantom Ultimate diklaim jadi salah satu rollable phone dengan ketebalan ultra tipis hanya 9,93 mm. Tapi, ada satu catatan yang kami temukan ketika menggenggam ponsel ini.

alt-img

Tecno Phantom Ultimate memang mudah dipegang dengan satu tangan. Tapi kami harus menggenggamnya dengan tangan kanan, karena bagian layar yang bergeser atau digulung berada di sisi kiri ponsel.

Juga, bila menggunakannya dengan tangan kiri, sangat sulit untuk menjangkau tombol expand untuk memperluas layar menjadi mode tablet seluas 7,11 inci. Yang patut diapresiasi, baik mode smartphone maupun tablet, ponsel ini mudah untuk dioperasikan.

alt-img

Belum diketahui kapan Tecno benar-benar meluncurkan rollable phone mereka ke pasaran. Mengingat, masih banyak PR yang harus diselesaikan oleh Tecno sampai produk ini benar-benar sempurna dan siap untuk dipasarkan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini