Auto

Nabung! Sebentar Lagi Avanza-Xenia Generasi Terbaru Meluncur

  • 28 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: Daihatsu

    Uzone.id - Rumor yang menduga keras kalau generasi terbaru Avanza-Xenia bakal meluncur sehrusnya sudah bukan hisapan jempol semata, terlebih setelah kode mobil kembar ini terdaftar di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021.

    Permendagri tersebut merupakan perubahan atas Permendagri sebelumnya, nomor 1 tahun 2021 tentang penghitungan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor tahun 2021.

    Dalam dokumen tersebut terlihat NJKB Avanza-Xenia terbaru berdasarkan kode terbaru W100RE dan W101RE. MOdel sebelumnya, atau yang saat ini masih dijual berkode F653RM dan F654RM.

    BACA JUGA: Moto Guzzi V7 Stone dan V85 TT Travel Diluncurkan Sekaligus

    Perubahan kode ini diyakini atas pemakaian platform baru yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA). 

    Di daftar NJKB itu juga tertera harga jual sebelum pajak yakni Rp157 juta - Rp227 juta, atau mengalami kenaikan dari model yang sekarang beredar Rp151 juta - Rp188 juta.

    Sementara untuk Daihatsu Xenia generasi terbaru, berkode W100RG dan W101RG dari sebelumnya yang menggunakan kode F653RV dan F654RV. Nilai jualnya tertera Rp135 juta- Rp172 juta.

    Ada sejumlah bocoran perubahan yang lumayan siginifikan pada Avanza-Xenia generasi terbaru nantinya, selain tentunya perubahan tampilan.

    Pertama, diprediksi bakal menggunakan platform terbaru seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, yakni platform Daihatsu Global Architecture (DNGA) yang memungkinkan mobil kembar sejuta umat ini mengusung sistem penggerak roda depan.

    Usungan mesinnya masih sama, tersedia dalam dua pilihan kapasitas, pertama 1.500cc dan 1.300cc. Tapi menariknya, transmisi otomatisnya bakal bergeser dari konvensional menjadi CVT.

    Sementara untuk usungan fitur-fitur barunya, ada Toyota Safety Sense (TSS) dan A.S.A alias Advance Safety Asssist-nya Daihatsu bakal menjadi fitur standar di tipe tertinggi. Fitur ini memungkinkan mobil jadi lebih aman ketika dikendarai.

    Fitur TSS enam Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS BSM (blind spot monitor) RCTA (Rear Traffic Control Alert). Sementara A.S.A bakal terdiri dari Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

    VIDEO Test Drive Mobil Daihatsu Tercanggih di RI Sepanjang Masa: