home ×
Digilife

Nabung Tiap Rabu di Tokopedia Cuma Rp5000 untuk Emas, Rp10 Ribu untuk Reksa Dana

04 September 2020 By
Nabung Tiap Rabu di Tokopedia Cuma Rp5000 untuk Emas, Rp10 Ribu untuk Reksa Dana
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Bagi yang tak tahu, selain sebagai platform ecommerce, Tokopedia juga memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi. Ada dua jenis investasi yang tersedia di platform tersebut, yakni emas dan reksa dana. Pengguna bisa langsung memulai investasi hanya dengan Rp5000.

VP of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari mengatakan jika Tokopedia mengedepankan dua instrumen investasi tersebut karena bisa untuk investasi jangka panjang, dan juga memiliki risiko yang relatif rendah. Apalagi dua produk investasi ini cukup ramah bagi investor pemula.

“Emas adalah produk investasi jangka panjang yang sudah sejak lama menjadi primadona karena harganya yang cenderung naik, sedangkan reksa dana pasar uang memiliki risiko rendah dan keuntungan relatif tinggi. Keduanya juga ramah untuk investor pemula sehingga diharapkan bisa mendorong masyarakat mengenal produk investasi lebih lanjut lainnya dan secara umum meningkatkan literasi, serta inklusi keuangan di Indonesia," lanjut Vira, dalam keterangannya, Kamis, 3 September 2020.

Baca juga: Masa Pandemi, Investasi Digital di Tokopedia Naik 30 Persen

Untuk reksa dana, Tokopedia bekerja sama dengan Bareksa dan diawasi oleh OJK. Meluncur sejak 2018, transaksi di Tokopedia reksa dana diklaim tumbuh 27 kali lipat. Senior Lead Fintech Tokopedia, Marissa Dewi mengatakan bahwa jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Reksa Dana pun bertumbuh lebih dari 57 kali lipat.

Kenaikan signifikan ini didorong sejumlah nilai tambah dalam menabung reksa dana lewat Tokopedia Reksa Dana. Mulai dari proses pendaftaran dan pencairan yang instan hanya dalam hitungan menit, tidak adanya biaya transaksi, hingga keuntungan hingga 6,5 persen per tahun yang sudah bersih dari pajak. Masyarakat juga bisa memanfaatkan fitur Dana Impian dan Langganan Reksa Dana untuk membiasakan berinvestasi reksa dana secara teratur dan berkala sekaligus meningkatkan kemampuan manajemen keuangan demi mencapai tujuan finansial tertentu.

Sedangkan Tokopedia Emas hadir sejak 2019 atas kerja sama Tokopedia dengan Pegadaian dan diawasi oleh OJK. Sama halnya dengan reksa dana, emas pun semakin diminati masyarakat. Terbukti dari data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa selama satu tahun ke belakang, jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Emas bertumbuh hampir 20 kali lipat.

Baca juga: Tokopedia Ajak Milenial Melek Literasi Keuangan Melalui Investasi Digital

"Transaksi Tokopedia Emas pun bertumbuh hampir 30 kali lipat. Tokopedia Emas juga menghadirkan berbagai fitur tambahan, seperti Pembulatan Emas, yang memungkinkan masyarakat berbelanja sambil menabung emas dengan membulatkan nominal belanja pada halaman Checkout mulai dari Rp500,” kata Marissa.

Ada pula Langganan Emas, fitur yang mempermudah masyarakat mengatur pembelian emas secara harian, mingguan, maupun bulanan, misal pada hari gajian. Masyarakat juga bisa berbagi saldo emas dengan orang terdekatnya melalui fitur Kado Emas. Selain itu, melalui kerja sama dengan Pegadaian, Tokopedia Emas sudah memenuhi prinsip-prinsip syariah.

Untuk mengajak para penggunanya terbiasa berinvestasi, Tokopedia pun mulai menggelar aksi 'Rabu Nabung'. Setiap Rabu, masyarakat yang membeli reksa dana melalui Tokopedia bisa memperoleh gift card hingga Rp75 ribu, sedangkan yang menabung emas, berkesempatan mendapat cashback hingga Rp250 ribu.

“Lewat inisiatif ini kami berharap, menabung bisa tetap menjadi sebuah kebiasaan walau di tengah pandemi karena melalui Tokopedia masyarakat bisa berinvestasi dengan mudah, aman dan terjangkau. Mulai dari Rp5.000 untuk emas dan Rp10 ribu untuk reksa dana, siapa saja bisa menjadi investor,” tambah Vira.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article