home ×
Startup

Naver Korea Akuisisi Wattpad, Gelontorkan Rp8,4 Triliun

20 January 2021 By
Naver Korea Akuisisi Wattpad, Gelontorkan Rp8,4 Triliun
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Perusahaan Korea Selatan, Naver dikabarkan telah melakukan akuisisi terhadap platform berbagi artikel cerita Wattpad. Akuisisi ini diklaim melibatkan investasi sebesar USD600 juta.

Naver sendiri merupakan induk perusahaan aplikasi pesan instan LINE dan Webtoon Corp. Aksi akuisisi Wattpad ini bertujuan memperluas pangsa pasar pengguna dan pembaca aplikasi cerita online, tidak hanya di kawasan Asia namun juga global.

Baca juga: Waduh! Ratusan Juta Akun Facebook, LinkedIn dan Instagram Bocor

Bagi kalian pembaca cerita online atau mungkin sebagai penulis pasti udah gak asing dengan Wattpad. Perusahaan yang didirikan tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen ini kini telah resmi menjadi saudara Line dengan mahar senilai USD600 juta atau setara Rp8,4 triliun.

Sejatinya, Naver juga memang memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang platform berbagi cerita online yaitu Naver Webtoon Corp yang menaungi hasil karya dari ratusan kreator webtoon. Aplikasi ini memang memiliki peminat dan pengguna setia yang tinggi.

Baca juga: Kronologi Kristen Gray Diserang Netizen

Mengutip TechCrunch, Rabu, 20 Januari 2021, platform Webtoon milik Naver memiliki lebih dari 67 juta pengguna bulanan pada Agustus tahun lalu. Beberapa kisah webtoon dari platform ini juga dibuat dalam versi drama dan mendulang kesuksesan di berbagai negara.

Dalam rilisnya, CEO Naver Han Seong-sook mengatakan kalau kedua pendiri Wattpad yaitu Allen Lau dan Ivan Yuen akan memimpin perusahaan yang mereka bangun pasca akuisisi nantinya.

Keputusan Naver untuk mengakuisisi Wattpad juga dianggap sebagi keuntungan karena sebelumnya Wattpad telah mengumpulkan sekitar Rp1,6 Triliun dari berbagai investor di Asia, Amerika Serikat, dan Kanada. Bahkan yang terbaru, Wattpad juga mendapat suntikan dana dari Tencent Holdings.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article