icon-category Digilife

Netflix Cetak Sejarah di Golden Globe 2023 Berkat ‘Pinocchio’

  • 11 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Netflix

Uzone.id – Musim penghargaan industri film di Hollywood Los Angeles, Amerika Serikat telah dimulai yang dibuka oleh ajang tahunan Golden Globe. Digelar Selasa, 10 Januari 2023 waktu AS, atau hari ini, Rabu, 11 Januari 2023, Golden Globe tahun ini mengukir sejarah baru bagi platform streaming digital Netflix.

Penghargaan untuk kategori Best Animated Feature Film (film animasi terbaik) dimenangkan oleh ‘Guillermo del Toro’s Pinocchio’, film original produksi Netflix.

Sesuai judulnya, kisah klasik tentang boneka kayu Pinokio ini diadaptasi kembali oleh sutradara kaliber del Toro. Kemenangan ‘Pinocchio’ racikan del Toro ini membuat Netflix menjadi platform streaming pertama di dunia yang memenangkan kategori film animasi terbaik di Golden Globe.

Baca juga: Sharing Password Sembarangan Bakal Didenda Netflix

Netflix pun tak sendiri yang mengukir sejarah baru. Del Toro pun mencetak sejarah sendiri sebagai pemenang berdarah Latin pertama yang memenangkan penghargaan di kategori tersebut sebagai kreator, produser, dan sutradara.

Saat menerima penghargaan Golden Globe, del Toro mengatakan bahwa animasi adalah sinema.

“Animasi bukanlah genre untuk anak-anak. Animasi adalah medium,” ungkapnya di atas panggung.

‘Pinocchio’ gubahan del Toro ini juga termasuk ke dalam jajaran film yang dipertimbangkan untuk penghargaan Academy Awards tahun ini untuk tiga kategori, yaitu Best Sound, Best Original Score, dan Best Original Song.

Baca juga: Resolusi Tahun Baru: Tips Biar Gak Boros Layanan Streaming

‘Pinocchio’ juga menjadi kandidat di enam kategori nominasi BAFTA, yaitu Best Animated Film, Best Adapted Screenplay, Best Original Score, Best Production Design, Best Special Visual Effects, dan Best Sound.

Ini bukan kali pertama karya animasi original Netflix mendapatkan nominasi di penghargaan bergengsi.

Sebelumnya, ada empat film animasi original Netflix yang maju ke Academy Awards, yakni ‘I Lost My Body’, ‘Klaus’, ‘Over the Moon’, dan ‘The Mitchells vs. the Machines’. Ke-empatnya gagal memboyong piala Oscar.

Film ‘Pinocchio’ karya del Toro ini bisa kalian saksikan di Netflix Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini