icon-category Digilife

Netizen Indonesia Habiskan Waktu Segini buat YouTube-an di 2023

  • 17 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Laporan terbaru dari State of Mobile 2024 yang dirilis Data.ai mengungkapkan kalau warga Indonesia menjadi yang paling lama menghabiskan waktu untuk bermain ponsel, yaitu menghabiskan rata-rata sekitar 6,05 jam per hari.

Setiap hari, netizen Indonesia pastinya sering membuka aplikasi-aplikasi tertentu dan YouTube menjadi aplikasi nomor satu yang paling banyak ‘menyita’ waktu warganet Indonesia.

Dari laporan tersebut, YouTube (video sharing/entertainment) menjadi yang paling banyak digunakan sepanjang 2023 oleh netizen Indonesia. Jika dikalkulasikan secara total dalam satu tahun, masyarakat Indonesia menghabiskan 69,9 miliar jam untuk menonton YouTube.

Laporan ini tersebut menunjukkan fakta kalau netizen Indonesia paling banyak menghabiskan waktu mereka selama 2023 kemarin di platform video tersebut. 

Angka yang cukup fantastik. Bahkan, Indonesia menjadi negara kedua yang paling banyak menghabiskan waktu untuk YouTube-an setelah India dengan jumlah waktu mencapai 229 miliar dalam satu tahun.

Selain YouTube, masyarakat Indonesia juga banyak menghabiskan waktu untuk TikTok-an. Total waktu yang dihabiskan dalam satu tahun adalah 64,8 miliar untuk aplikasi video pendek asal China tersebut.

Aplikasi perpesanan WhatsApp masih memimpin di kategori aplikasi chatting lainnya, sebanyak 59,1 miliar waktu dihabiskan untuk berkomunikasi di aplikasi tersebut. Lalu, Instagram menjadi aplikasi media sosial lainnya yang paling menyita waktu netizen Indonesia dengan waktu 28,4 miliar jam.

Sementara itu, aplikasi lainnya yang masuk dalam 20 besar aplikasi yang paling lama digunakan di Indonesia adalah Chrome Browser, Facebook, Samsung TouchWiz Home, Shopee, Fizzo, MX Player, X (Twitter), Samsung Clock, WhatsApp Business, Samsung Gallery, Spotify, Capcut, Google Maps, Naver Webtoons, Grab, dan WPS Office.

Indonesia secara berturut-turut menjadi negara yang paling lama menghabiskan waktu untuk bermain ponsel. Dari tahun 2020 lalu, Indonesia menempati peringkat pertama dengan rata-rata 5,63 jam perhari.

Lalu, di tahun 2021, masyarakat Indonesia menghabiskan 5,99 jam per hari untuk bermain ponsel. Tahun 2022 menjadi yang paling tinggi dimana Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 6,14 jam untuk bermain ponsel per harinya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini