icon-category Digilife

Ngumpul Lebih Seru, Ini Tips Kekinian Bagi-Bagi THR Lebaran

  • 01 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: bady abbas/Unsplash

    Uzone.id - Sudah hampir satu bulan penuh kita menjalankan bulan Ramadan 2022, dan kini saatnya umat muslim mempersiapkan diri menyambut hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

    Nah, selain tradisi memakai baju baru dan berkumpul bersama keluarga, hari raya juga tak lepas dari tradisi bagi-bagi THR ke sanak saudara. Biasanya sih THR ini dilakukan dengan bagi-bagi amplop lucu atau dibagi secara langsung satu persatu.

    Cara begitu udah biasa, sekarang bagi-bagi THR bisa dilakukan dengan cara yang lebih menarik lagi. Bahkan, bagi-bagi THR sekarang bisa lewat berbagai aplikasi.

    Buat kalian yang masih bingung bagaimana caranya bagi-bagi THR anti mainstream, berikut ada beberapa cara seru dan anti mainstream yang bisa kalian gunakan untuk berbagai THR di hari raya bareng keluarga.

    Fitur ShopeePay THR

    Shopee memberikan kemudahan bagi penggunanya yang ingin bagi-bagi THR tanpa uang cash alias cashless. Selain itu, fitur ini bisa digunakan oleh orang-orang yang memiliki keluarga jauh namun tetap ingin berbagi THR dengan cara yang praktis.

    Fitur ShopeePay THR merupakan fitur yang lagi booming menuju lebaran karena praktis, cashless dan juga mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke fitur ShopeePay di aplikasi Shopee, lalu buka fitur ShopeePay THR yang akan langsung terlihat di page yang sama.

    Lalu, klik fitur tersebut. Kalian akan melihat dua opsi, “Nominal Acak” untuk pilihan nominal beragam bagi tiap penerimanya, alias kejutan. Lalu ada fitur “Nominal Tetap” dimana para penerima akan mendapat nominal yang sama dan yang sudah ditetapkan.

    Setelah itu, masukkan berapa banyak THR yang ingin kalian bagikan, lengkap dengan jumlah orang yang akan menerima THR kalian. Selanjutnya, pilih stiker untuk memperseru THR kalian, lalu klik lanjutkan.

    Baca juga: Twit Kocak Netizen Lawan Kemacetan Mudik

    Setelah itu, kalian akan diarahkan hingga mendapatkan Link untuk dibagikan. Lalu, kirimkan link tersebut ke orang-orang yang ingin kalian beri THR. Selamat mencoba!

    Game Kahoot

    Kalau kalian ingin memberi THR sambil belajar, kalian bisa menguji saudara-saudara kalian lewat game kuis Kahoot di website www.kahoot.it. Bagi host, kalian bisa membuat dulu akun gratis lewat kahoot.com, lalu pilih opsi ‘personal’ untuk melanjutkan pembuatan akun.

    Setelah itu, kalian akan diarahkan untuk membuat akun hingga membuat soal. Setelah selesai membuat soal, lanjutkan dengan menekan Save, lalu klik ‘continue’ di bagian paling bawah untuk mode gratis dengan anggota 10 orang.

    Klik Done, lalu klik Assign untuk membagikan link quiz kepada anggota keluarga kalian. Nantinya, Kahoot akan memberikan link dan juga PIN untuk game. Kalian bisa berkompetisi sambil membuat suasana keluarga lebih hangat dengan game ini.

    Pakai Spin The Wheel

    Kalau quiz game seperti Kahoot terlalu ribet, kalian bisa menggunakan aplikasi Spin The Wheel atau aplikasi serupa seperti Wheels of Names untuk menentukan pembagian THR. kalian tinggal memasukkan nominal THR ke dalam roda putar ini untuk menentukan uang THR yang akan diberikan kepada setiap anggota keluarga.

    Baca juga: Rehat di Rest Area Saat Mudik, Ini Tips Internetan Lancar Tanpa Drama

    Atau, kalian bisa memasukkan nama anggota kalian dalam roda putar ini dan mengundi-nya. Game ini bakal bikin suasana berkumpul dengan saudara menjadi lebih seru karena kalian bisa menambahkan banyak doorprize, selain itu Spin The Wheel ini juga bikin deg-degan karena menentukan berapa banyak THR yang bisa kalian dapat.

    Pakai fitur Filter THR di Instagram

    Nah, sama seperti Spin The Wheel, fitur THR di Instagram juga membantu kalian memberi THR secara random dan penuh kejutan.

    Filter ini mirip dengan filter kuis, dimana nominal THR yang didapat ditentukan dengan nominal yang muncul secara random. Mulai dari Rp1 ribu, Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu, Rp20 ribu, Rp50 ribu, Rp75 ribu dan Rp100 ribu.

    Untuk mendapatkan filter ini, sama seperti filter Instagram Stories lainnya, kalian tinggal melakukan pencarian di ikon kaca pembesar dan tuliskan ‘THR’. Ada beberapa pilihan filter yang bisa kalian gunakan, salah satunya filter ‘Berapa THR ku?’ dari pemilik akun rafiandiian.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini