icon-category Digilife

Rehat di Rest Area Saat Mudik, Ini Tips Internetan Tetap Lancar Tanpa Drama

  • 28 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Wifi.id (Vina/Uzone.id)

    Uzone.id - Salah satu yang jadi concern saat melakukan perjalanan jauh adalah kehadiran jaringan internet yang sering tak lancar ketika berpindah dari satu wilayah ke wilayah lain.

    Kadang kita butuh koneksi internet yang memadai dan tetap stabil saat sedang dalam perjalanan jauh, sekalipun itu berpindah-pindah tempat. Salah satu yang bisa kalian temukan adalah layanan wifi publik di tempat-tempat umum, termasuk Rest Area.

    Adanya layanan wifi di tempat umum jadi solusi yang sangat membantu untuk tetap terhubung ketika sedang dalam perjalanan jauh, salah satunya yang sudah tersedia adalah rest area sepanjang tol Jakarta-Cikampek.

    Kehadiran Wifi.id ini sebagai jembatan penghubung bagi setiap kebutuhan internet yang terjangkau dan juga praktis yang bisa diakses di seluruh wilayah indonesia.

    Layanan wifi untuk publik dari Wifi.id tersedia bagi pemudik yang sedang rehat sejenak di Rest Area, jaringan ini tersedia di beberapa titik, termasuk di Rest Area 19 dan juga beberapa spot di Rest Area 39 rute tol Jakarta-Cikampek. 

    Baca juga: Pantauan Kecepatan Mobil di Jakarta-Cikampek, Nekat Lampaui 100 Km/Jam?

    Tim Uzone.id pun mencoba pengalaman menggunakan Wifi.id di Rest Area KM 19 dan Rest Area KM 39. Beberapa spot yang kami coba adalah Starbucks di KM 19 dan spot dekat jalan raya di KM 39, hasilnya tak perlu ribet cari sinyal, internetan tetap lancar ketika menggunakan Wifi.id.

    Buka YouTube, Instagram, TikTok pun tak masalah karena jaringan yang dihadirkan cepat tanpa buffering. Dari beberapa uji coba kecepatan lewat aplikasi Speedtest, hasil paling tinggi untuk mengunduh adalah 38,5Mbps (di KM 19) dan 22,6Mbps untuk pengunggahan (di KM 39)

    Untuk akses Wifi.id ini, kalian hanya perlu membeli voucher untuk mendapatkan layanan akses internet sepuasnya di seluruh jaringan area Wifi Indonesia dengan kecepatan 100Mbps yang disediakan oleh Telkom Indonesia.

    IMG_20220427_103954
    Foto: Login Wifi.id (Vina/Uzone.id)

    Untuk pembelian voucher-nya, kalian perlu mendownload dulu aplikasi Wifi.id GO di Play Store atau App Store.

    Setelah itu, ada beberapa paket voucher, mulai dari paket harian hingga paket untuk satu tahun. 

    Voucher-nya sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu Wifi.id Voucher dan juga Seamless Wifi.id Voucher. 

    Bedanya, voucher yang biasanya ini berisi username dan juga password yang bisa digunakan untuk login ke wifi dengan display “Wifi.id”. Dengan username dan password ini, kalian bisa akses layanan wifi sepuasnya di seluruh Indonesia sesuai dengan paket yang kalian pilih.

    Baca juga: Ramadan Pekan Ketiga, Pelabuhan Merak Terpantau Masih Sepi

    Sedangkan, Seamless Wifi.id ini adalah layanan autoconnect seamless yang akan memberikan pengalaman lebih praktis dimana pengguna tinggal membeli voucher lalu klik connect dan selanjutnya akan otomatis terhubung saat ada jaringan dengan display “seamless@wifi.id”.

    Untuk paketnya sendiri, untuk voucher Wifi.id bisa di dapat mulai dari Rp5 ribu untuk 12 jam, Rp20 ribu untuk 1 minggu dan Rp50 ribu untuk 1 bulan.

    Sedangkan untuk Voucher Seamless, Rp25 ribu untuk 1 bulan, Rp140 ribu untuk 6 bulan dan Rp250 ribu untuk 1 tahun.

    Untuk pembayarannya pun bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari ShopeePay, via SMS (Telkomsel), LinkAja dan juga OVO.

    Wifi.id tersedia di beberapa titik di sepanjang tol jalur mudik 2022 Jakarta-Cikampek, beberapa spot yang bisa ditemukan adalah Rest Area KM 19 (KFC, 19A, Starbucks Coffee), Rest Area Tol Jagorawi 36A, Starbucks Coffee KM 36, Rest Area Merak, Rest Area KM 226, Rest Area Tol Cipularang KM 72A, dan Rest Area KM 125 Tol Purbaleunyi (KFC Box).

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini