icon-category Gadget

Nikon Berhenti Bikin Kamera DSLR, Canon Menyusul

Uzone.id - Nikon dilaporkan bakal berhenti membuat kamera SLR terbaru sepenuhnya. Kamera Nikon D6 DSLR nantinya menjadi seri SLR terakhir dari perusahaan asal Jepang tersebut.

Meningkatnya kompetisi teknologi kamera di smartphone berdampak pada industri kamera, termasuk kepada Nikon. Smartphone saat ini mengusung spesifikasi kamera yang bahkan bisa menyaingi kualitas kamera SLR, baik secara hardware maupun pengolahan citra berdasarkan software.

Produsen smartphone menawarkan konfigurasi kamera yang lengkap, sensor besar dan resolusi yang tinggi. Belum lagi makin canggihnya pencitraan berbasis AI (artificial intelligence) yang kian mumpuni.

Malah, produsen kamera maupun lensa juga digandeng oleh pabrikan smartphone untuk ikut andil dalam mengembangkan teknologi kamera pada ponsel. Lihat saja Leica dengan Xiaomi, Hasselblad dengan Oppo, sampai Zeiss dengan Vivo.

Baca juga: Mengenal Sensor 200MP ISOCELL HP3

Mengutip dari Nikkei Asia, meningkatnya persaingan dari smartphone dengan kamera yang canggih terus menggeser industri kamera, khususnya SLR. Kamera ponsel yang lebih canggih membuat konsumen umum merasa tidak perlu membeli kamera secara terpisah untuk sekadar mengabadikan momen.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan bagi Nikon untuk berhenti membuat kamera DSLR dan fokus ke model kamera mirrorless. Kamera mirrorless mampu memotret lebih cepat, tak ribet digunakan, ukuran yang lebih kompak dan mampu memproses gambar lebih cepat dari kamera SLR.

Asosiasi Produk kamera dan Pencitraan di Jepang melaporkan pada tahun 2020, penjualan kamera mirrorless melampaui jumlah pengiriman kamera SLR dengan perbandingan 2,93 juta unit dan 2,37 juta unit. Hal ini membuktikan kalau konsumen butuh perangkat yang lebih ringkas dan mudah digunakan.

Baca juga: Xiaomi 12S Ultra Punya Kamera yang Ajib

Sementara bagi Nikon, kamera mirrorless menyumbang setengah dari pendapatan bisnis pencitraan perusahaan. Jauh ketimbang pendapatan yang bersumber dari kamera SLR sebesar 30 persen saja.

Dilaporkan, Nikon bakal tetap memproduksi dan mendistribusikan kamera SLR mereka yang sudah ada. Yang cukup mengejutkan, jejak Nikon ini bakal diikuti oleh Canon dalam beberapa tahun ke depan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini