icon-category Digilife

NU Ajak Santri Hingga Mahasiswa Melek Digital dengan NU Tech

Ilustrasi belajar online (Foto: Erge Mahindra/Unsplash)

Uzone.id - Dalam upaya untuk mewujudkan masyarakat yang cakap digital, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meresmikan program ‘NU Tech’. Program ini dirasa spesial, lantaran ditetapkan saat Harlah Satu Abad NU dan menuju abad kedua.

Yenny Wahid, Ketua Organizing Committee Harlah 1 Abad NU mengatakan, NU Tech merupakan program yang bertujuan untuk menciptakan anak muda yang melek teknologi, sekaligus punya semangat untuk memajukan organisasi, bangsa dan negara.

“Anak-anak muda bisa belajar berbagai macam teknologi,” katanya.

Ia menjelaskan, program NU Tech gak cuma ditujukan untuk kalangan dari nahdliyin saja, tapi juga dari pelajar, santri, mahasiswa dan keluarga besar NU untuk meningkatkan kemampuan digital mereka.

Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 Dibuka, Ini Cara untuk Daftar Online

Untuk diketahui, nahdliyin merupakan sebutan bagi warga atau masyarakat yang berfaham ke NU dan mengamalkan apa yang menjadi amaliyah dari organisasi masyarakat yaitu Nahdlatul Ulama.

Di dalam program NU Tech ini, ada berbagai kegiatan yang bisa diikuti oleh anak-anak muda Indonesia, seperti Capture The Flag Competition, Innovation Pitching Competition, Tech Seminar, Narasi Academy, dan Digital Learning Scholarship.

"NU Tech akan memberikan pelatihan teknologi untuk generasi muda supaya kemampuan digitalnya naik. Agar tidak jadi objek kemajuan teknologi, tapi pemain utama," terang Yenny.

Upgrade skill di NU Tech

Dashboard pelatihan di NU Tech

Di kesempatan yang sama, Fajrin Rasyid selaku Ketua PIC NU Tech Harlah 1 Abad NU & Direktur Digital Business Telkom Indonesia menjelaskan, kegiatan Capture The Flag Competition memberikan pelatihan kepada talenta muda Indonesia tentang keamanan siber. 

Pelatihan ini kemudian dilanjutkan dengan penyelesaian berbagai tantangan kasus terkat cyber security.

Sementara Innovation Pitching Competition, anak-anak muda mendapatkan tempat yang mendukung untuk menyampaikan ide atau inovasi mereka ke dalam bentuk prototipe. 

Di kegiatan ini, para peserta dibekali dengan berbagai seminar terkait teknologi melalui Narasi Academy dan Tech Seminar. Berbagai topik digital pun diberikan melalui aplikasi myDigiLearn melalui Digital Learning Scholarship.

“Menuju abad kedua, teknologi jadi bagian penting. Semua kegiatan melibatkan teknologi digital,” pungkas Fajrin.

Baca juga: BI Checking Diganti iDebku, Bisa Cek Cicilan Mandiri Secara Online

Cara daftar menjadi peserta NU Tech

Fajrin pun turut membagikan cara untuk mengikuti program NU Tech. Program ini dibuka mulai 2 Desember hingga 19 Desember 2022, dengan pendaftaran bisa melalui halaman nu-tech.id

Secara spesifik, NU Tech akan mengajarkan tentang digital literacy dan juga keamanan digital. Semua peserta nantinya bisa belajar dengan nyaman, dan aman, berkat sistem pembelajaran yang mudah dipahami.

“Talenta akan diberikan kesempatan untuk belajar banyak terkait topik pembelajaran digital, menyampaikan ide, semua bisa belajar dengan mudah dan go digital,” pungkas Fajrin.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini