home ×
Digilife

OPPO A16 Ternyata Anti Cipratan Air, Punya Sertifikasi IPX4

14 October 2021 By
OPPO A16 Ternyata Anti Cipratan Air, Punya Sertifikasi IPX4
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Zaman sekarang agak sulit bisa menemukan smartphone entry level yang memiliki paket lengkap, termasuk bisa dipakai hujan-hujanan alias tahan air. Jika kebetulan kamu butuh smartphone yang anti-air, ternyata OPPO A16 bisa diandalkan.

Apalagi saat musim hujan berlangsung, pekerjaan yang biasa dilakukan di smartphone akan terkendala saat tiba-tiba kita masih dalam perjalanan, menggunakan motor. Biasanya mereka yang membutuhkan smartphone seperti ini adalah para ojek online, atau kurir yang kerap mengantar paket dan mengandalkan peta di smartphone. OPPO A16 bisa jadi smartphone incaran baru.

Screenshot_20211014-085309_Instagram

Pasalnya, ponsel keluaran terbaru OPPO ini memiliki sertifikasi teknologi IPX4. Agar tahan air, sebuah perangkat setidaknya harus memiliki IPX yang merupakan ketahanan air. Jika sebelumnya smartphone tahan air hanya ditemui pada perangkat high-end, kini hp harga terjangkau pun telah dibekali sertifikat IP Rating.

Baca juga: 4 Tips Motret Produk UMKM Hanya dari Smartphone

Ingress Protection yang biasa disingkat IP Code atau IP Rating merupakan standar penilaian yang menentukan ketahanan, atau proteksi pada suatu perangkat, terhadap berbagai substansi dari luar. Proteksi yang dinilai dalam sistem ini mencakup proteksi terhadap objek padat dan air.

Standar ini ditetapkan oleh IEC (International Electrotechnical Commission), organisasi yang menetapkan standar internasional untuk berbagai teknologi elektrik dan elektronik, yang secara kolektif disebut elektroteknologi. Penulisannya berupa huruf IP yang diikuti dengan dua digit angka dan huruf.

Baca juga: Tips Pakai Flexdrop di OPPO A16

Kami mencoba membuktikan ketahanan air pada OPPO A16. Pertama, saat disemprotkan air ke perangkat, baik bodi depan maupun belakang, semua masih bisa berfungsi normal. Itu artinya, smartphone ini masih bisa bertahan walau terkena cipratan air.

Setelah itu, kami mencoba mencelupkan smartphone ini ke dalam kolam renang. Tak perlu lama-lama, hanya sekitar 10 detik. Fungsinya pun masih normal. Bahkan saat digunakan untuk memotret sekejap di dalam air. Ini artinya, OPPO A16 bisa tetap bertahan di dalam air dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id