Gadget

OPPO Buktikan Reno6 Bisa Jadi Smartphone Gaming, Majukan eSports Indonesia

  • 26 September 2021
  • Bagikan :

    Tim Bigetron Red Aliens. Ki-ka: Galang Yoga Adhitama (Kingzz); Muhammad Albi (Ryzen); Herri Wijaya (Mimin Helmet); Leander Deusfiel Sorongan (Liquid).  (Foto: Uzone.id/Sarie)

    Uzone.id - OPPO Reno6 selama ini dikenal sebagai smartphone yang keren dari sisi kamera. Namun tak hanya kamera, OPPO juga membuktikan jika Reno6 mampu dijadikan andalan untuk bermain game mobile. Mereka membuktikannya hari ini dengan menggelar Ultimate Gaming Battle.

    Kompetisi gaming ini merupakan kolaborasi antara OPPO Indonesia, PUBG Mobile, dan tim e-sport Bigetron Red Aliens, yang bertujuan menegaskan fitur-fitur game di OPPO Reno6. Pada ajang ini, dua tim e-sport yakni Dewa United dan Genocide berhasil menyisihkan 38 tim yang terdaftar untuk bertemu dan berhadapan langsung dengan Bigetron Reds Aliens.

    OPPO Ultimate Gaming Battle (1)

    Ki-ka: Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia; PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto dan anggota tim Bigetron Red Aliens (Liquid, Kingzz, Ryzen, dan Mimin Helmet) (foto: Uzone.id/Sarie)

    Ini merupakan salah satu event yang dilakukan OPPO setelah resmi menjadi sponsor Bigetron eSports. Dikatakan pihak OPPO, dengan adanya dukungan kepada gamers ini bukan berarti Reno6 didapuk sebagai smartphone gaming. OPPO hanya ingin agar semua orang bisa merasakan bermain game dengan nyaman, spesifikasi layaknya elite gaming namun dengan harga yang terjangkau.

    Baca juga: Tips Pakai FlexDrop di OPPO A16

    "OPPO sudah masuk ke pasar game mobile sejak 2016. Kami punya banyak fitur gaming sampai 2017 pun masih memiliki spesifikasi untuk game yang cukup tinggi. Dari situ kami mendapatkan masukan dari developer game dan juga para gamers. Kami ingin membuat 'gaming for everyone'. Bukan hanya untuk orang tertentu karena saat ini ponsel gaming rata-rata harganya tidak terjangkau sehingga hanya sebagian orang saja yang bisa menikmatinya," ujar PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto, saat perhelatan Ultimate Gaming Battle di Centra Park, Minggu, 26 September 2021.

    Hal ini diamini oleh Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia. Menurutnya, hampir semua prosesor didesain untuk bisa menampung segala aktivitas penggunanya, termasuk bermain game. Jadi sebenarnya tidak ada prosesor khusus untuk gaming, hanya kebutuhannya yang dilihat kemudian disesuaikan dengan spesifikasinya.

    "Semua prosesor bisa untuk gaming tapi harus disesuaikan ekspektasinya. Game-gamenya juga harus disesuaikan agar experience-nya juga lebih nyaman," kata Dominikus di kesempatan yang sama.

    Baca juga: Tips Menyiasati Memori Terbatas di OPPO A16

    Di OPPO Reno6 sendiri, kata Domunikus, sudah terbukti bisa diandalkan untuk bermain game yang berat seperti PUBG. Prosesor Snapdragon 720 memang didesain untuk bisa bertahan lama memainkan game berat seperti PUBG. Pasalnya prosesor yang digunakan merupakan teknologi 8nm yang tidak boros energi, tidak cepat panas. Apalagi GPU Adreno yang diusungnya juga memiliki kemampuan tinggi untuk men-deliver game dengan smooth.

    Dikatakan salah satu anggota gamers Bigetron Red Aliens, Ryzen, OPPO Reno6 sangat worth it untuk para gamers. Pasalnya, selain memiliki fitur yang berguna, seperti Quick Startup, layar OPPO Reno6 memiliki refresh rate 90Hz dan flash charge yang sangat membantu gamers melancarkan aksinya untuk memenangkan pertandingan. Ditambah adanya RAM Extender yang membuat proses tampilan layar lebih smooth.

    "Pakai OPPO, Kita Jago," ujar pria yang bernama asli Muhammad Albi itu.

    Fitur game yang ada di OPPO Reno6 merupakan pengembangan dari perangkat Reno Series sebelumnya yang disesuaikan dengan kebutuhan gaming masa kini seperti Quick Startup, Game Focus Mode, dan teknologi Hyperboost 4.0. RAM besar 8GB LPDDR4x melengkapi perangkat ini. Jika pengguna merasa kurang, teknologi RAM Expansion yang memungkinkan sebagian penyimpanan internal untuk digunakan sebagai memori jangka pendek jika RAM habis. Hal ini membuat perangkat OPPO Reno6 dapat memiliki total RAM hingga 13GB. Selain itu, kehadiran pengisian daya cepat 50W Flash Charge dan baterai besar 4310mAh juga tidak bisa disepelekan sebagai fitur penunjang untuk bermain game.