icon-category Gadget

Oppo Pamer Game Android dengan Ray Tracing, Setara PC!

Uzone.id - Salah satu kemampuan baru dari prosesor Snapdragon 8 Gen 2 adalah kartu grafisnya yang punya kemampuan ray tracing di level perangkat keras. Dengan teknologi tersebut, game Android bakal memiliki grafis yang mendekati game PC, dan hal ini pun dibuktikan Oppo lewat game berjudul ‘Camp Guard’.

Oppo turut meramaikan acara Snapdragon Summit 2022 dengan memberikan demonstrasi tentang bagaimana fitur ray tracing bekerja di smartphone Android. 

Tak tanggung-tanggung, Oppo mengembangkan game FPS atau first-person shooter untuk menunjukkan kemampuan ray tracing pada smartphone bertenaga Snapdragon 8 Gen 2.

Game ini sudah dikerjakan Oppo sejak tahun 2020. Menggandeng Qualcomm, kedua perusahaan mengoptimalkan driver PhysRay Engine 2.0, sehingga tekstur pada game semakin terlihat dengan jelas dan nyata di layar smartphone.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 2 Dukung Ray Tracing, Game Android Makin Mirip PC

Game Camp Guard dimainkan pada smartphone dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 2. Game itu dijajal di dalam ruangan dengan suhu normal selama 30 menit, dan ditampilkan pada resolusi HD atau 720p di 60 FPS.

 

Terlihat dengan jelas, teknologi ray tracing membuat grafis pada game jauh lebih realistis, malah menyerupai game dengan grafik tinggi di PC. Pantulan karakter utama bisa terlihat di objek lainnya, sesuatu yang mungkin sulit dicapai oleh smartphone zaman sekarang.

Bayangan atau shadow dari karakter juga berubah-ubah posisinya, tergantung sudut cahaya yang mengenai karakter ketika berjalan, berlari atau melakukan interaksi lainnya.

Dengan tekstur Physically-Based Rendering, objek yang bahkan tidak terlihat di layar juga di-render oleh sistem ray tracing Snapdragon 8 Gen 2. Hal ini membuat peluru yang ditembakkan berinteraksi dengan cahaya, sehingga grafis semakin terlihat realistis.

Baca juga: Daftar Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 2, Gak Ada Samsung?

Pembiasan dalam air, riak dan berbagai sumber cahaya dalam berbagai arah pun ditampilkan dengan akurasi yang sangat tinggi. Hal-hal ini sulit ditunjukkan pada smartphone sekarang, lantaran hanya PC dan konsol saja yang dimungkinkan melakukannya.

Oppo dan Qualcomm memastikan, teknologi ray tracing dan PhysRay Engine akan tersedia sepenuhnya untuk developer game dan kreator konten, sehingga membuka jalan untuk game mobile masa depan agar terlihat lebih realistis lagi.

Oppo juga memastikan, seri Find X yang baru akan ditunjang performanya oleh Snapdragon 8 Gen 2. Suksesor Oppo Find X5 Series itu akan rilis tahun depan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini