home ×
Gadget

Oppo Reno4 Pakai Snapdragon 720G Demi Tingkatkan AI dan Hemat Baterai

30 July 2020 By
Oppo Reno4 Pakai Snapdragon 720G Demi Tingkatkan AI dan Hemat Baterai
Share
Share
Share

(Foto: Uzone.id)

Uzone.id -- Tinggal menghitung hari Oppo merilis Reno4 di Indonesia. Satu per satu spesifikasinya mulai terungkap, kali ini soal prosesor yang digunakan sebagai otak dan dan dapur pacu ponsel.

Tak seperti Reno4 versi China yang menggunakan Snapdragon 765G, Oppo Indonesia membekali ponsel satu ini dengan prosesor Snapdragon 720G yang juga terbilang masih anyar.

“Chipset ini masih baru ya hitungannya karena baru diumumkan pada Februari 2020. Istimewa prosesor ini dia punya AI Engine generasi paling anyar, yakni ke-5, jadi pengalamannya pasti serba segar dan bisa mendukung inovasi baru dari Oppo,” kata Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto saat acara Performance Event Reno4 pada Rabu (29/7).

Dari penjelasan Dominikus, Snapdragon 720G ini dapat meningkatkan teknologi AI (Artificial Intelligence/AI) melalui komponen bernama Sensing Hub pada ponsel di aspek fotografi hingga keamanan. Melalui prosesor ini, performa yang diberikan dapat begitu lancar, mulus, dan cepat.

Baca juga: Ini 5 Fitur Kamera Oppo Reno4 yang Jadi Andalan

“CPU single-core di Snapdragon 720G meningkat sekitar 46 persen, sementara CPU multi-core mengalami peningkatan kira-kira 26 persen jika berdasarkan Geekbench. Kalau GPU, meningkat sampai 40 persen,” imbuh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto di tempat yang sama.

Persoalan AI, dijelaskan Dominikus kalau AI pada Snapdragon 720G tak hanya untuk membantu memaksimalkan hasil foto di kondisi gelap menjadi lebih bagus, atau mempercantik efek bokeh.

AI pada Snapdragon 720G ini juga turut mencerdaskan kamera agar fungsinya seperti computer vision, alias kamera yang bisa berpikir.

“Deteksi wajah hingga latar belakang itu jadi lebih mulus. Adapun prosesor kamera di chipset ini didukung oleh Spectra 350L ISP yang dapat mengatur semua fokus, warna, eksposur, dan analisis objek foto,” jelas Dominikus.

Baca juga: Kamera Masih Jadi Primadona, Apa Bedanya Oppo Reno4 dengan Reno Lain?

Dia menyambung, “dari situ, Snapdragon 720G gak cuma fokus pada kualitas foto, tapi juga efisiensi daya baterai. Kami meningkatkan power saving pada prosesor ini, khususnya pada penggunaan kamera karena kami upayakan agar dayanya hanya dipakai sangat minimalis.”

Performa kamera Reno4 juga diklaim serba mulus dari sisi perpindahan lensa. Ponsel ini memiliki tiga lensa besar di bagian belakang, masing-masing memiliki fungsi berbeda. Sebagai contoh, jika pengguna memindahkan dari zoom ke telephoto, prosesnya akan mulus dan cepat tanpa tersendat.

“Terakhir, untuk gaming itu Snapdragon 720G grafisnya mendukung kemampuan 10-bit HDR dan tampilan warna serba menyala dan tajam. Sementara secara hardware, chipset ini mendukung Vulkan 1.1 untuk memaksimalkan performa,” tutup Dominikus.

VIDEO: Tes Kamera Oppo Reno4, Beneran Buat Penyuka Fotografi?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar str 02 August 2020 | 14:20:39

Hmm bikin penasaran permorfa oppo Reno4

oki puntoro 30 July 2020 | 07:25:57

tinggal menghitunh hari oppo merilis reno4

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id