home ×
Digilife

Pandemi Virus Corona, Banyak Donasi Online Bantu Ojol sampai Dokter

19 March 2020 By
Pandemi Virus Corona, Banyak Donasi Online Bantu Ojol sampai Dokter
Uzone

Uzone.id - Gerakan donasi online bermunculan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Inisiatif-inisiatif tersebut fokus pada beberapa pihak yang terdampak risiko virus corona.

Para mitra ojek online, misalnya. Mereka mungkin memiliki risiko terpapar virus corona, karena harus mengantarkan logistik. Atau mereka sepi pesanan, karena banyak orang beraktivitas di rumah.

Pihak lain yang juga sangat membutuhkan dukungan adalah tenaga medis, seperti dokter, perawat, dan lainnya. Mereka yang merawat langsung pasien Covid-19 sangat memerlukan masker, hand sanitizer, sarung tangan karet, dan lainnya.

Baca juga: Pesan Makanan Online dari Rumah Saat Pandemi Corona, Begini Toh Rasanya..

Kepada Uzone.id, dokter spesialis penyakit dalam di OMNI Hospital Pulomas, dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD pun mengungkapkan, “Yang dibutuhkan saat ini adalah Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga kesehatan yang berada di garis terdepan dalam menangani pasien Covid-19. banyak rumah sakit yang tidak punya stok APD, sehingga berisiko bagi tenaga kesehatan.”

Wajar bila beberapa orang menggalang donasi untuk mitra ojek online, tenaga kesehatan, dan sebagainya dengan memanfaatkan teknologi. Berikut beberapa donasi online yang viral di media sosial.

Donasi Melindungi Tenaga Medis dari Covid-19 di Kitabisa.com

Adib Hidayat, dr. Ferdiriva Hamzah, dan dr. Twindy Rarasati, dan dr. Twinda Rarasati adalah pengagas gerakan donasi ini.

Dalam Kitabisa.com, mereka mengajak orang-orang berdonasi untuk memberikan masker, hand sanitizer, sabun pencuci tangan, tisu basah, dan alat perlindungan diri lainnya kepada para tenaga medis di rumah sakit rujukan Covid-19.

Baca juga: Cegah Corona, Blibli Terapkan Pengiriman Barang Tanpa Kontak

Bantu Ojol dan Pekerja Informal Melewati Corona

Ada pula yang menggagas gerakan donasi untuk membantu ojol dan pekerja informal di Kitabisa.com.

Di platform penggalangan dana dan donasi online itu, Agus Sari, penggagas donasi mengatakan, “Saya ingin menggalang dana untuk melindungi mitra ojek online dan pekerja informal yang terdampak dan terpapar resiko penularan di perioda "slowdown corona" di Indonesia saat ini.”

#NutrisiGardaTerdepan

Masih di platform Kitabisa.com, gerakan ini mengajak banyak pihak dalam menyalurkan makanan sehat, susu, dan vitamin untuk membantu tim medis yang menangani virus corona atau Covid-19 di rumah sakit rujukan.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 22 March 2020 | 08:54:32

jangan pelit pelit dah untuk berdonasi

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article