home ×
Digilife

Pendiri WhatsApp Marah Terhadap Facebook dan Bicara Peluang Signal

14 January 2021 By
Pendiri WhatsApp Marah Terhadap Facebook dan Bicara Peluang Signal
Share
Share
Share
Share

Aplikasi Signal Melesat (Foto: Bloomberg)

Uzone.id - Brian Acton bertemu lagi dengan Facebook. Setelah selama lebih dari satu dekade membangun WhatsApp, kini dia bersaing dengan pembeli aplikasi pesan instannya tersebut.

Ya, Acton adalah salah satu orang dibalik aplikasi Signal, aplikasi pesan instan yang naik daun setelah WhatsApp diterpa kontroversi karena kebijakan memaksa penggunanya berbagi data informasi.

"Peristiwa terkecil membantu memicu hasil terbesar," kata Acton dalam video call, seperti dikutip dari Tech Crunch, Kamis (14/1).

“Kami juga senang dapat melakukan orang peduli tentang privasi online dan keamanan digital dan orang-orang beralih ke Signal sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut,” katanya.

“Ini adalah kesempatan besar bagi Signal untuk bersinar dan memberi orang pilihan dan alternatif. Itu adalah luka bakar yang lambat selama tiga tahun dan kemudian ledakan besar. Sekarang roketnya meluncur, ”katanya.

Brian Acton (Foto: Indian Express)


Peristiwa yang dimaksud Acton adalah perubahan terbaru dalam kebijakan berbagi data yang diungkapkan oleh WhatsApp , sebuah aplikasi yang melayani lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia.

Baca juga: Signal Kewalahan Dapat Pengguna Baru

Acton mengatakan WhatsApp bergulat dengan menggabungkan fitur-fitur monetisasi sambil tetap melindungi privasi orang. Dan "kebijakan rumit" barunya telah memaksa WhatsAppuntuk mencari penjelasan kepada semua orang bingung dan marah.

Sejak diluncurkan pada tahun 2018, Signal telah berjanji tidak akan menjual data penggunanya dan tidak akan menampilkan iklan kepada penggunanya. Pada tahun 2018, Acton menginvestasikan USD 50 juta di Signal Foundation .

Tapi bagaimana rencana aplikasi perpesanan untuk tetap bertahan di masa depan?

Signal hari ini juga mengandalkan donasi untuk membiayai bisnis - dan lebih banyak pengguna berarti lebih banyak yang menyumbang.

Baca juga: Bukan WhatsApp, Elon Musk Rekomendasi Pakai Signal


“Jika Signal menjangkau satu miliar pengguna, itu berarti satu miliar donor. Yang harus kami lakukan adalah membuat Anda sangat bersemangat tentang Signal sehingga Anda ingin memberi kami satu dolar. Idenya adalah kami ingin mendapatkan donasi itu. Satu-satunya cara untuk mendapatkan donasi itu adalah dengan membangun produk yang inovatif dan menyenangkan. Itu hubungan yang lebih baik menurut saya, ”katanya.

Ini mirip seperti yang dilakukan oleh WhatsApp di awal kemunculannya. Saat itu sebenarnya aplikasi ini membebankan biaya sekitar USD 1 kepada penggunanya. Namun setelah diakuisisi oleh Facebook, konsep tersebut dihilangkan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article