Pengertian Omnichannel dan Manfaat buat Bisnis
Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Uzone.id - Kemajuan teknologi digital membuat banyak developer membangun aplikasi yang dapat membantu aktivitas masyarakat. Sehingga jangan heran jika di sektor bisnis pun kini mulai menggunakan berbagai aplikasi untuk meningkatkan penjualan.
Dahulu semua proses bisnis dicatat secara manual dan membuang banyak waktu. Tapi dengan munculnya aplikasi bisnis, maka pelaku usaha kini lebih fokus pada peningkatan penjualan dari pada memikirkan operasional sebuah bisnis.Berkembangnya dunia digital mempengaruhi karakter masyarakat modern sekarang ini. Pengalaman berbelanja kini tidak lagi secara langsung tapi mulai dilakukan melalui smartphone, sehingga pengguna cukup menunggu dari rumah, maka produk yang dibeli akan diantarkan ke rumah.
Baca juga: Bagaimana Hukum Jual Beli Online
Meski demikian perkembangan aplikasi marketplace tidak berkembang sebatas menjual barang secara online. Beberapa fitur canggih pun diciptakan untuk memudahkan pengguna aplikasi. Salah satu yang menjadi perkembangan terbaru adalah omnichannel.
Sebelum membahas tentang manfaat dari sistem omnichannel bagi perkembangan bisnis, maka sebaiknya kamu mengetahui pengertian dan aplikasi omnichannel marketplace dan bagaimana jika diintegrasikan dengan aplikasi bisnis yang ada di majoo.id .
Pengertian Omnichannel
Omnichannel merupakan sebuah sistem teknologi informatika yang mengembangkan sistem pendekatan penjualan multi saluran yang berfokus dengan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, ketika mereka berbelanja secara online maupun secara offline.
Berdasarkan data yang dikumpulkan, salah satunya adalah Harvard Business Review melaporkan bahwa 73 persen dari semua pelangga menggunakan berbagai saluran atau marketplace selama proses transaksi.
Ketika seseorang telah mendapatkan banyak informasi terkait barang yang akan di beli dari berbagai sumber saluran marketplace dari harga, spesifikasi, dimensi, dll sehingga mendukung keputusan bagi pelanggan untuk membeli suatu produk.
Manfaat Omnichannel:
Pengumpulan dan analisis data yang lebih baik
Salah satu keistimewaan dari Omichannel adalah dalam hal pengumpulan data. Sehingga banyak orang yang menggunakan aplikasi omnichanell terkait dengan pengumpulan data dan analisa data dengan baik dari saluran dan sistem berbeda seperti cookie, identifikasi perangkat, keranjang belanja, media sosial, dan lainnya.
Dengan pengumpulan data yang dilakukan maka kamu sebagai pengguna akan terbantu dari informasi tersebut dan menganalisa seperti apa pandangan dari setiap konsumen yang membeli produk atau mengenal brand kamu.
Informasi tersebut dapat menjadi sumber untuk menganalisis perilaku, minat, dan niat pelanggan untuk perencanaan pemasaran yang lebih baik yang pada akhirnya akan menghasilkan rasio konversi yang lebih tinggi.
Segmentasi pelanggan yang lebih baik
Ketika kamu sudah berhasil mengumpulkan banyak data, dan menganalisis informasi konsumen sehingga kedepannya dapat membantu menemukan pelanggan terbaik. Kemudian pelaku usaha akan menganalisa dan membaginya menjadi beberapa kategori atau segmentasi.
Biasanya pengelompokan berdasarkan segmentasi tersebut sesuai dengan minat masing-masing. Bahkan dari data tersebut, maka bisa menentukan strategi promosi, membuat desain promosi sehingga strategi pemasaran akan semakin baik.
Contoh Kasus :
ketika pelanggan membeli satu set meja makan, iklan tentang produk yang sama hanya akan mengganggu mereka.
Sebab itu, kamu dapat menggunakan metode pass-selling atau up promoting dengan memberikan penawaran produk lain namun masih berkaitan dengan produk yang telah dibeli sebelumnya, seperti tempat tidur, kitchen set, sofa, dll.
Baca juga: 5 Hal Wajib Saat Paket Datang
Sehingga pemasaran dengan menggunakan sistem multi saluran ini akan sangat penting membantu kamu menciptakan pengalaman positif bagai pelanggan, sehingga dapat mendorong dan membangun reputasi yang positif dari pelanggan.
Visibilitas brand yang lebih baik
Omnichannel membantu menempatkan pesan kamu di seluruh saluran secara konsisten dan tepat waktu baik itu melalui online ataupun pada toko fisik. Mana pun yang paling nyaman bagi pelanggan kamu.
Setiap kali pelanggan menemukan brand atau produk kamu, maka mereka akan kamu tawari dengn pengalaman pelanggan terbaik walaupun dengan perlakuan khusus yang berbeda. Visibilitas brand yang lebih baik mendorong loyalitas pelanggan yang lebih besar.
Hemat biaya
Salah satu kelebihan dalam aplikasi omnichannel marketplace adalah penghematan biaya yang dikeluarkan oleh pelaku usaha. Pengetahuan mendalam yang kamu peroleh dari data yang terkumpul, maka kamu dapat menyusun dan menentukan strategi marketing yang lebih baik.
Dengan langkah pemasaran yang lebih baik dan efisien dari hasil analisis data omnichannel akan membantu kamu mengetahui dimana dan kapan harus lebih berkonsentrasi pada saluran tertentu, untuk meningkatkan keuntungan.
Mencapai ROI yang lebih tinggi
Dari semua langkah diatas maka pada akhirnya akan mendapatkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik, sehingga ketika toko online kamu, brand, atau produk yang kamu jual mendapatkan kepercayaan, maka akan lebih meningkatkan penjualan.
Kemudahan dalam mengumpulkan data yang efektif, akan memberikan kamu acuan apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus dihilangkan dalam menjual sebuah produk atau mengenalkan brand toko online kamu.
Beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan strategi omnichannel adalah:
#Utamakan pengalaman pelanggan
Pahami saluran yang umumnya mereka gunakan serta perilaku mereka di semua saluran, dan buat rencana terperinci tentang bagaimana kamu ingin memberikan pengalaman tersebut. Pastikan bahwa fitur dan layanan yang dimiliki dapat memberi kemudahan dan solusi terbaik.
#Gunakan data sebagai basis saat menyusun strategi
Information purchaser relationship control (CRM) akan membantu untuk mengetahui bagaimana pelanggan Anda berperilaku dan karenanya dapat membuat solusi untuk mengatasi tantangan yang mungkin terjadi. Jika data dimanfaatkan dengan benar, Anda bahkan dapat mengurangi churn charge.
Peran CRM di dunia omnichannel adalah menanamkan interaksi pelanggan dengan kepribadian dan empati, yang merupakan pembeda penting bagi pelanggan modern yang telah mengharapkan kenyamanan, kecepatan, dan konsistensi.
Dapatkan visibilitas lengkap ke manajemen prospek. Identifikasi prospek potensial lebih mudah dengan Aplikasi CRM terintegrasi dan terlengkap.
#Menyegmentasikan pengguna dan mempersonalisasi perjalanan
Setelah menganalisis information, kamu dapat dengan mudah menyegmentasikan pengguna ke dalam berbagai kategori berdasarkan pola perilaku umum. Ini akan membantu membuat pengalaman yang lebih baik untuk setiap jenis pelanggan.
# Mengetahui situasi dan konteks yang benar
Bagian terpenting dari strategi pemasaran omnichannel adalah konteksnya. Mengirim pesan yang salah ke audiens yang salah pada waktu yang salah akan menghalangi pengguna untuk berinteraksi dengan Anda.
Pastikan konteks pesan kamu relevan dengan pengguna dan kirimkan ke pengguna pada saat mereka paling aktif untuk mereka paling banyak berinteraksi.
# Pilih alat bantu otomasi pemasaran yang tepat
Gunakan alat sistem pemasaran yang tepat untuk mengimplementasikan strategi langsung mulai dari perencanaan hingga implementasi. Lakukan analisis menyeluruh sebelum memilih yang tepat.
Jadikan bisnis consumen centric artinya kamu harus melakukan pendekatan yang berfokus sepenuhnya terhadap pelanggan, dirancang berdasarkan kebutuhan dan minat konsumen. Karyawan harus mendapatkan training untuk memberikan pelayanan yang konsisten kepada pelanggan.
Kesimpulan
Kedepannya, akan lebih banyak bisnis yang memilih strategi omnichannel. Hal ini tentu saja baik untuk dilakukan namun sambil tetap memperhatikan pendekatan dasar seperti lokasi, kualitas produk, branding, dan lainnya.
Pelaksanaan seluruh faktor tersebut harus secara bersama-sama. Hal yang perlu diingat adalah strategi tersebut sangat menghargai pengalaman konsumen di atas segalanya. Selain itu, strategi ini juga dapat melacak data dan memberikan solusi yang lebih sesuai dengan keadaan ke depannya.