icon-category Gadget

Penjualan Global Smartphone Dihantam Corona, Siapa Paling Anjlok?

  • 02 Jun 2020 WIB
  • Bagikan :

    (Ilustrasi/Unsplash)

    Uzone.id -- Lembaga riset pasar Gartner mengeluarkan data mengenai penjualan ponsel pintar skala global untuk kuartal pertama 2020. Ada brand yang terbilang aman, ada juga yang anjlok cukup signifikan.

    Penurunan penjualan ponsel pintar global dari penuturan Gartner memang berakar dari adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020.

    “Pandemi corona menyebabkan pasar ponsel pintar global mengalami penurunan terburuk yang pernah ada,” ungkap analis riset senior Gartner, Anshul Gupta, seperti dikutip dari MacRumors.

    Dia melanjutkan, “banyak dari manufaktur China serta Apple terdampak begitu dahsyat dari penutupan pabrik di negara tersebut, serta tak lupa turunnya kegiatan pembelian dari konsumen karena aturan swakarantina.”

    Baca juga: Ini Ponsel yang Paling Banyak Dicari Warga ASEAN Selama Lockdown

    Dari laporan Gartner, penjualan ponsel pintar yang mengalami penurunan pada kuartal pertama 2020 ini dibandingkan dengan periode sama pada 2019.

    Kita bisa lihat, meskipun Samsung masih memegang pangsa pasar terbesar secara gobal, tapi brand asal Korea Selatan ini mengalami penurunan penjualan sebesar 22,7 persen dibandingkan kuartal pertama 2019.

    (Sumber: Gartner, Juni 2020/MacRumors)

    Baca juga: Heboh Wallpaper yang Merusak Ponsel Samsung

    Penjualan Samsung pada awal 2020 tercatat 55,333 juta unit, sedangkan pada periode sebelumnya angka penjualannya mencapai 71,621 juta unit.

    Huawei menjadi brand dengan penjualan paling anjlok dari semuanya, dengan penurunan mencapai 27,3 persen. Pada awal tahun 2020 ini, Huawei hanya menjual 42,499 juta unit.

    Masih berasal dari China, Oppo juga dilaporkan mengalami penurunan sekitar 19,1 persen dengan angka penjualan 23,949 juta unit. Ponsel keluaran Apple juga turun penjualannya, yakni di angka 8,2 persen.

    Dari semua brand, hanya Xiaomi yang justru mengalami kenaikan meskipun tidak terlalu signifikan. Gartner mencatat, Xiaomi mengalami pertumbuhan 1,4 persen, dengan penjualan ponsel 27,817 juta unit pada kuartal pertama 2020 ini.

    Gimana menurut kalian?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini