home ×
Telco

Pentingnya Meningkatkan Keamanan Rumah dengan CCTV Pintar

24 June 2021 By
Pentingnya Meningkatkan Keamanan Rumah dengan CCTV Pintar
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id -- Era pandemi kerap dianggap sebagai percepatan transformasi digital yang secara cepat ‘menyulap’ banyak hal yang tadinya manual atau offline menjadi terkoneksi secara online karena peran internet. Hal-hal ini pun terjadi di lingkungan terdekat kita seperti rumah yang mendadak bisa jadi lebih canggih.

Istilah smart home tentu sudah tidak asing lagi, di mana rumah yang kita huni menjadi ‘pintar’ berkat teknologi yang terhubung dengan internet untuk menyediakan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi energi bagi penghuninya. 

Sebagai contoh, kini sudah banyak orang yang menonton TV pintar hanya dengan kontrol suara untuk menikmati tayangan favorit. Selain menggunakan kontrol suara, perangkat seperti TV pintar, mesin cuci, hingga kamera CCTV juga bisa dikendalikan melalui smartphone pengguna berkat koneksi internet.

indihome smart-1

Dengan kata lain, peran internet sangat penting agar perangkat yang serba pintar ini dapat saling ‘berkomunikasi’ dan terhubung, sehingga terbentuklah konsep IoT atau Internet of Things.

Baca juga: Cara Pakai IndiHome Smart

Nah, salah satu perangkat yang identik dengan smart home adalah CCTV. Perangkat berupa kamera ini sudah dilengkapi dengan kemampuan agar terhubung dengan WiFi, hanya dengan aplikasi smartphone pengguna dapat mengendalikan dari jarak jauh.

Perangkat kamera pintar CCTV bisa sangat membantu penghuni rumah, baik yang masih harus keluar rumah di tengah pandemi maupun mereka yang tetap berdiam di rumah. Namun yang jelas, kegunaan CCTV pintar seperti halnya IndiHome Smart Camera dapat meningkatkan keamanan lingkungan rumah hanya dari genggaman saja.

Bikin rumah makin aman, tetap dekat dengan keluarga saat jaga jarak

Mengaplikasikan perangkat CCTV pintar seperti IndiHome Smart Camera tidak memakan waktu lama. Prosesnya serba praktis, karena yang dibutuhkan hanyalah smartphone dan koneksi WiFi. Melalui aplikasi IndiHome Smart, pengguna bisa langsung memantau apa yang dilihat oleh kamera secara real-time.

Keunggulan memiliki CCTV ukuran ergonomis nan ringan seperti IndiHome Smart Camera adalah mudah diletakkan di mana saja tanpa harus memakan tempat. Kamera pintar IndiHome Smart ini tidak perlu pemasangan yang ribet seperti di pojok dinding atas, tinggal letakkan saja di meja atau lokasi strategis yang diinginkan.

Lalu, jika berbicara tentang kegunaan, IndiHome Smart Camera memiliki beberapa fitur sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Dalam aplikasinya, IndiHome Smart menyematkan fitur record dan screenshot yang dapat dimanfaatkan pengguna jika ingin melakukan tangkapan layar (screenshot) atau merekam kegiatan. Fitur ini dapat berguna sebagai bukti jika ada sesuatu yang tidak diinginkan.

indihome smart

Berkaitan dengan fitur record dan screenshot yang dapat menunjang keamanan, IndiHome Smart Camera juga dapat mendeteksi gerakan yang sekiranya dianggap mencurigakan. Fitur ini dapat ditemukan di dalam aplikasi IndiHome Smart yang bernama ‘Motion Detection’ atau deteksi gerakan.

Baca juga: 4 Cara Mudah Memasang CCTV di Rumah

Pengguna bisa mengatur rentang waktu tertentu untuk deteksi gerakan ini, jika kamera menangkap ada gerakan yang tidak biasa, maka ia akan mengeluarkan suara alarm.

Beralih ke fitur kendali kamera. IndiHome menyediakan menu pan-tilt yang dapat mengoperasikan kamera untuk bergerak ke sisi yang diinginkan -- bisa ke atas, bawah, kiri, kanan, semua secara 360 derajat. Pan-tilt ini hadir dalam bentuk layaknya tombol seperti keypad di layar ponsel.

Kemudian ada juga menu Bicara, fungsinya seperti walkie-talkie agar pengguna dapat berbicara dari mic ponsel ke speaker IndiHome Smart Camera. Fitur ini dapat menunjang komunikasi penghuni di rumah tanpa harus bertemu secara langsung sembari memperhatikan lingkungan rumah. 

Terakhir, fitur Zoom yang terdiri atas Zoom In dan Zoom Out. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk melihat lebih jelas detail atau suatu objek dari dekat tanpa harus memindahkan kamera atau menghampiri objek tersebut.

Secara keseluruhan, IndiHome Smart Camera ini mudah digunakan dan dapat menjadi perangkat penunjang smart home yang layak dipertimbangkan karena kepraktisannya serta desain yang futuristik sesuai dengan selera anak muda.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id