icon-category Auto

Pertamina Bakal Jadi Title Sponsor Tim VR46 di MotoGP 2024

  • 14 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Tim balap besutan Valentino Rossi di MotoGP yakni VR46 akan memiliki sponsor utama baru di tahun 2024. Sponsor barunya itu merupakan perusahaan pelumas Indonesia yakni Pertamina Lubricants.

VR46 yang diwakili oleh Marco Bezzecchi dan Luca Marini akan resmi dikenal sebagai Tim Balap Pertamina Enduro VR46.

Kesepakatan kemitraan dilakukan untuk tahun 2024, 2025, dan 2026, artinya sponsor ini akan melampaui perjanjian dengan tim Ducati yang berakhir di tahun 2024. Usai 2024, Yamaha tidak merahasiakan keinginannya untuk menjadikan VR46 sebagai tim satelit mereka di tahun 2025.

"PT Pertamina Lubricants akan bergabung dalam MotoGP sebagai partner dari VR46 Racing Team selama tiga musim. Brand pelumas Indonesia, Pertamina Enduro, akan menjadi sponsor utama tim Tauvilla mulai 1 Januari 2024 dengan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team," bunyi keterangan resmi VR46 dalam rilis resmi.alt-img

Rumor Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama VR46 di MotoGP sudah pernah muncul sebelumnya. Pertamina Lubricants akan menggantikan sponsor dari perusahaan Italia, Mooney.

"Ini merupakan sebuah pilihan strategis dan lahirnya sinergi baru antara VR46 Racing Team, yang dimiliki juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi, dengan perusahaan pelumas terkemuka asal Indonesia, Pertamina Lubricants. Partnership ini akan memberikan momentum baru kepada dua entitas yang sudah mapan di dunaia balap motor dan menjadi acuan dalam performa dan teknologi," tulis keterangan resmi.

Pertamina sendiri menjadi sponsor utama MotoGP Indonesia yang sedang berlangsung di akhir pekan ini di Mandalika International Circuit. Pertamina juga mendukung aktivitas balap mobil Rossi.

"Mulai musim MotoGP 2024, logo Pertamina Enduro akan ditampilkan pada motor Ducati Desmosedici GP yang dikendarai oleh Marco Bezzecchi dan Luca Marini dan pada baju balap, helm, technical space, serta dalam semua visual, aset brand, dan material komunikasi dari VR46 Racing Team," tulis rilis resmi.

Werry Prayogi selaku Direktur Utama Pertamina Lubricants mengatakan keberhasilan menjadi sponsor VR46 merupakan bukti kepercayaan pebalap legenda Valentino Rossi terhadap produk dari Indonesia.

"Kerja sama antara Pertamina Lubricants dan VR46 Racing Team adalah langkah strategis untuk memperluas visi kami menjadi juara di industri pelumas. Ini merupakan bukti bahwa VR46 Racing Team dan Valentino Rossi menaruh kepercayaan tinggi pada kualitas internasional Pertamina Enduro," ujar Werry dalam keterangan resmi yang sama.

CEO VR46, Gianluca Falcioni mengaku senang akhirnya tim balap asal Italia itu punya sponsor dari Indonesia. Menurutnya Indonesia meerupakan pasar penting dalam dunia balap sepeda motor.

Kami sangat bangga atas kesepakatan kerja sama antara VR46 Racing Team dan Pertamina Lubricants, perusahaan oli ternama dan bergengsi. Melalui VR46 Agency, perusahaan Valentino Rossi, kami selalu mencari mitra dan sponsor untuk semua proyek VR46 di seluruh dunia," ucap Falcioni.

"Sejak awal, kami sudah menargetkan untuk memperluas jangkauan kami terutama pada negara yang terus berkembang pesat. Indonesia dan Asia Tenggara memiliki basis penggemar yang sangat besar untuk VR46, dengan passion yang sangat tinggi terhadap MotoGP," ujar Falcioni menambahkan.

VR46 Racing merupakan tim besutan Valentino Rossi untuk mewadahi pebalap muda lulusan VR46 Academy. Tim ini dibentuk pada pertama kali di tahun 2014 untuk kelas Moto3 dan di 2017 masuk ke kelas Moto2.

Menjelang Valentino Rossi pensiun, di tahun 2021 VR46 mulai masuk ke ajang balap MotoGP. Kemudian tim balap ini disponsori oleh Mooney hingga akhir tahun ini.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini