icon-category Gadget

Pixel Watch, Smartwatch Pertama Google yang Pakai Prosesor Jadul

Uzone.id - Smartwatch pertama Google akhirnya dirilis resmi. Google Pixel Watch, begitu raksasa pencarian ini menamainya. Smartwatch ini hadir dengan 41mm saja, tapi memiliki dua varian, yakni WiFi dan LTE.

Isabelle Olsson, Head of Industrial Design Google Hardware mengatakan, Pixel Watch dibuat dengan form factor yang pas, sehingga nyaman dikenakan setiap harinya. 

“Google Pixel Watch dibekali hardware dan software yang berkualitas,” jelasnya, dalam acara Made by Google 2022 pada Kamis malam (6/10).

Google Pixel Watch mengusung layar berukuran 1,2 inci dengan tepian yang melengkung, memberikan tampilan bezel-less yang kelihatan premium. Layar ini memiliki mode Always-on Display untuk menampilkan watch face dengan sejumlah informasi yang minimalis.

Baca juga: Spesifikasi Google Pixel 7 Pro, Makin Pintar dan Lebih Aman

Walau tampilannya kelihatan elegan, build quality dari jam tangan pintar ini sungguh berkelas. Bodinya terbuat dari material baja anti karat yang tangguh, sementara layarnya dilapisi Gorilla Glass 5 yang tahan goresan halus.

Dengan desain bezel-less, maka satu-satunya tombol fisik hanya di sisi kanannya saja. Crown tersebut dilapisi berbagai warna yang cantik, tergantung opsi warna Google Pixel Watch yang dibeli pengguna.

Ada tiga pilihan warna bodi yang tersedia untuk Google Pixel Watch, Matte Black, Champagne Gold, dan Polished Silver. 

Fitur Google Pixel Watch

Smartwatch pertama Google ini sudah berjalan di sistem operasi Wear OS 3.5, OS yang sama dengan Samsung Galaxy Watch5 Series, tapi tanpa balutan One UI Watch.

Alih-alih menggunakan prosesor buatan sendiri seperti Pixel Series, Google menggunakan chipset Exynos 9110 buatan Samsung untuk jam tangan terbarunya. Prosesor ini bukan jenis paling baru malah terbilang jadul, lantaran sudah dipakai Samsung sejak tahun 2018 silam.

SoC (system on chip) tersebut dipasangkan dengan RAM 2 GB dan baterai yang bisa bertahan setidaknya sampai 24 jam untuk penggunaan normal.

Soal fitur, Google Pixel Watch dilengkapi dengan sensor pemantau detak jantung di bagian bawah. Juga, terdapat sensor EKG atau elektrokardiogram untuk merekam aktivitas jantung secara lebih lengkap.

Sensor tersebut didukung oleh algoritma dari Fitbit yang diklaim lebih akurat untuk mengawasi kesehatan pengguna secara keseluruhan. Seperti smartwatch pada umumnya, Google Pixel Watch pun bisa memberikan informasi kapan waktu terbaik untuk beristirahat atau memulihkan diri dari kegiatan yang padat.

Baca juga: Harga Masih Sama, Google Pixel 7 Debut dengan Chip Tensor G2

Fitur lainnya, Google Pixel Watch bisa diajak berenang hingga kedalaman 5ATM atau 50 meter. Jam tangan ini pun sudah mendukung konektivitas Bluetooth 5.0, NFC untuk Google Pay atau aplikasi pembayaran digital lainnya, sampai dukungan untuk melakukan panggilan telepon langsung (khusus model LTE).

Google Pixel Watch sudah tersedia untuk dipesan secara pre-order dengan harga USD349 atau setara dengan Rp5,3 jutaan untuk model WiFi dan USD399 atau Rp6 jutaan untuk tipe WiFi + 4G LTE. 

Setiap pembelian, pengguna akan mendapatkan 6 bulan gratis layanan Fitbit Premium dan 3 bulan YouTube premium. Kalau konsumen memesan Google Pixel 7 Pro, jam tangan ini dijadikan sebagai bonus pre-order dari Google.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini