Gadget

Punya Baterai 5000 mAh, Seberapa Kuat OPPO A16?

  • 23 September 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - OPPO A16 bisa menjadi salah satu andalan untuk siswa sekolah online. Di antara spesifikasi yang dibutuhkan oleh segmen pengguna tersebut adalah kapasitas baterai yang cukup besar. Diketahui, OPPO A16 memiliki besar baterai 5000 mAh.

    Dalam spesifikasi yang tertera di kemasan, salah satu atribut utama OPPO A16 adalah baterai 5000 mAh yang dilengkapi dengan pengisian daya 10 watt. Hal ini dipastikan membuat pengguna lebih hemat waktu dan siklus pengisian daya ponsel, yang otomatis berimbas pada perpanjangan durasi pemakaian.

    Dengan kapasitas 5000 mAh di OPPO 16, baterai sebesar itu terbukti bisa membuat perangkat bertahan selama 34 jam, tepatnya hampir mencapai dua hari. Apalagi saat digunakan untuk memutar video di YouTube, durasi pemutaran total bisa mencapai 21 jam. Bayangkan jika smartphone ini digunakan untuk sekolah online, mulai dari absen di pagi hari, kemudian zoom meeting atau Google Meet, merekam bukti pengerjaan tugas dan mengirim hasilnya lewat WhatsApp.

    Baca juga: Lindungi Anak dari Kecanduan Game dengan Kids Space

    Semua proses untuk sekolah online hanya butuh waktu kurang dari 6 jam yang dalam pengujian kami hanya menghabiskan baterai sekitar 30 persen dari total full baterai.

    Pintar Berhemat
    OPPO A16 punya fitur Super Power Saving Mode, yakni mode hemat daya yang dapat menyelamatkan pengguna dari kecemasan mengetahui bahwa ponsel dapat bertahan hidup hanya dalam beberapa menit terakhir. Mode Hemat Daya Super aktif untuk menghemat daya saat hampir habis. Mode ini menggunakan serangkaian strategi hemat daya yang menyesuaikan frekuensi CPU dan lampu latar, sekaligus memicu opsi manajemen daya untuk aplikasi tertentu. Dengan sisa baterai 5 persen, kita masih bisa melakukan panggilan telepon hingga 1,84 jam.

    Perangkat ini juga bisa dengan pintar mengontrol suhu. Sensor akan bekerja memantau suhu penutup belakang ponsel saat mengisi daya dan menyesuaikan arus pengisian daya secara adaptif saat suhu terlalu tinggi. Inilah yang kemudian akan melindungi perangkat sehingga tidak over-charge.

    Charge di Malam Hari Tak Perlu Khawatir
    Tak hanya baterai yang besar, OPPO A16 juga dilengkapi dengan perlindungan keamanan untuk pengisian daya. Mulai dari perlindungan overcharge, over-discharge, perlindungan short-circuit dan overcurrent protection, dan lainnya.

    Baca juga: OPPO A16, Andalan Sekolah Online

    Salah satu fitur yang masuk dalam kategori perlindungan baterai adalah Super Night-time Standby. Jika diaktifkan menjelang tidur, OPPO A16 hanya akan mengkonsumsi baterai 1,21 persen saat pengguna tidur, dengan estimasi durasi tidur sekitar 7 jam.

    OPPO A16 dengan cerdas mempelajari kebiasaan tidur penggunandan mempersonalisasi bagaimana ponsel mengisi daya saat tidur. Dari pukul 23:00 hingga 07:00, ponsel akan berhenti mengisi daya secara otomatis saat mencapai kapasitas 80 persen dan mulai lagi tepat pada waktunya untuk mencapai 100 persen sebelum pengguna bangun.

    Oiya, OPPO A16 ternyata mengadopsi konektor Type-C sebagai pengganti konektor Micro-USB yang digunakan pada generasi sebelumnya. Hal ini diklaim akan mempermudah proses untuk plug-in. Konektor juga memiliki short circuit protection untuk melindungi konektor dari panas berlebih. Risiko korsleting yang disebabkan oleh air atau cairan lain dapat dikurangi dengan memutuskan aliran listrik ketika kenaikan suhu yang parah terdeteksi.