icon-category Digilife

Ramai Series ‘The Last of Us’, Hati-Hati Link Game Palsu!

  • 14 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: The Last of Us/HBO

Uzone.id – Serial ‘The Last of Us’ sudah resmi tayang di awal tahun 2023 ini di layanan streaming HBO, seri yang diadaptasi dari video game PlayStation ini memang banyak ditunggu penggemar game dan juga para movieholic. 

“The Last of Us akan menjadi booming nyata di awal tahun 2023, mengingat sudah berapa tahun jutaan penggemar telah menunggu serial tersebut,” kata Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

Melihat popularitas dan viralnya serial ini di media sosial, penjahat siber mulai melakukan aksinya dengan merencanakan skema baru.

Dikutip dari laporan terbaru Kaspersky, Jumat, (13/01), penjahat siber mulai menyebarkan penipuan di game PlayStation, dimana modus ini sangat jarang terjadi. 

Baca juga: Berapa Piala Golden Globe 2023 yang Diborong HBO, Netflix dkk?

Olga menambahkan, “Anehnya, sekarang alih-alih menawarkan pra-akses ke serial tersebut, penjahat dunia maya telah memilih jalur yang berbeda dan mendistribusikan file berbahaya dengan kedok permainan.”

Untuk menginfeksi korban dengan malware, mereka menawarkan unduhan game The Last of Us untuk komputer pribadi (PC), dan pada nyatanya, versi PC untuk game ini belum dirilis.

Sebagai informasi, The Last of Us versi game dijadwalkan akan dirilis untuk PC pada Maret 2023.

Modus ini menyasar para penggemar baru yang baru menyukai game The Last of Us paska nonton series-nya, mereka kemungkinan tidak tahu kalau game tersebut saat ini hanya eksklusif dimainkan di PlayStation.

Ketidaktahuan warganet ini seakan seperti potensi besar bagi para penipu, mereka dengan mudah akan mengunduh file game palsu yang berbahaya.

Alhasil virus tersebut dapat bersembunyi di komputer tanpa terdeteksi selama bertahun-tahun dan malware akan bekerja secara diam-diam.

Salah satu yang sudah ditemukan oleh Kaspersky adalah sebuah situs palsu yang menawarkan kode aktivasi untuk game ini dan meminta untuk memilih sebuah hadiah.

Selanjutnya, hadiah tersebut akan diterima bersama dengan game tersebut: misalnya, untuk mendapatkan Gift Card PlayStation 5 atau Roblox USD100 terbaru. 

Baca juga: 5 Search Engine Terpopuler di Indonesia, Ada Yandex?

Terlihat menggiurkan, ya? Nyatanya, itu adalah awal dari sebuah mimpi buruk.

Karena setelahnya, kalian akan diminta untuk memasukkan kredensial dan data rekening bank untuk membayar biaya komisi.

Selanjutnya, isi rekening kalian akan dikuras habis dan data-data kalian akan digunakan untuk skema penipuan lainnya.

Pakar Kaspersky pun meminta pengguna untuk berwaspada dan memeriksa apakah game yang ditunggu-tunggu tersedia di platform yang ditawarkan, meminta penggemar untuk mengunduh game hanya dari toko aplikasi resmi dan jangan lupa untuk menggunakan solusi keamanan terpercaya.

Tips yang bisa diikuti antara lain menghindari tautan yang menjanjikan penawaran awal film atau serial TV.

Selanjutnya, periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data-data pribadi, jangan lupa untuk menggunakan halaman web resmi dan terpercaya untuk menonton film.

Selanjutnya, perhatikan ekstensi file yang kalian unduh, jika file yang didownload memiliki format video, file tersebut takkan memiliki format ekstensi .exe atau .msi.

Terakhir, pakai solusi keamanan yang andal untuk mendeteksi file berbahaya dan memblokir situs phishing.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini