icon-category Digilife

Reed Hastings Mundur dari Kursi CEO Netflix

  • 20 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: CEO Netflix, Reed Hastings (Ernesto S. Ruscio/Getty Images for Netflix)

Uzone.id — Usai 20 tahun menjabat, pendiri raksasa streaming Netflix, Reed Hastings resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO platform merah tersebut pada Kamis, (19/01).

Hastings akan tetap menjadi bagian petinggi Netflix dan posisi CEO akan dipegang oleh COO Netflix, Greg Peters bersama dengan Ted Sarandos yang tetap menjabat sebagai Co-CEO.

Baca juga: Netflix Buka Loker buat Pramugari, Gajinya Tembus Rp5,8 Miliar!

Hastings sendiri mengatakan akan tetap berada di jajaran eksekutif untuk beberapa tahun ke depan.

"Saya sangat bangga dengan pencapaian 25 tahun pertama ini, dan sangat bersemangat menghadapi seperempat abad selanjutnya," kata Hastings dalam surat perpisahannya.

Ia juga menambahkan masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk lebih baik lagi dalam menghibur dan memberikan banyak kebahagiaan untuk pelanggan Netflix.

"Mulai hari ini Greg Peters akan naik jabatan dari COO menjadi Co-CEO dari Ted. Selanjutnya, saya akan menjadi Dewan Eksekutif, posisi yang banyak diambil para pendiri (Jeff Bezos, Bill Gates, dll) usai menyerahkan posisi CEO," tambahnya.

Ted pun menyampaikan ucapan terimakasih atas dedikasi Reed selama 2 dekade lebih.

“Saya ingin menyampaikan terimakasih kepada Reed atas kepemimpinannya, mentorship-nya, dan persahabatan yang terjalin selama 20 tahun terakhir,” kata Sarandos dalam keterangannya,  Kamis, (19/01).

“Kami semua belajar banyak dari ketelitian intelektualnya, kejujuran, dan kemauannya untuk mengambil keputusan besar – dan kami berharap dapat bekerja sama dengannya di tahun-tahun mendatang,” tambahnya.

Selanjutnya, Hastings mengatakan akan tetap mendampingi Ted dan Peters serta menjadi jembatan bagi para dewan direksi dan Co-CEO.

"Saya juga akan menghabiskan lebih banyak waktu di bidang filantropi serta fokus menjaga saham Netflix tetap baik," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Netflix juga menunjuk Bela Bajaria sebagai CCO Netflix dan Scott Stuber sebagai Chairman Netflix Film.

Baca juga: Elon Musk Lelang Barang Twitter, Patung Burung Biru Laku Rp1,5 Miliar

Hastings sendiri mendirikan Netflix pada tahun 1997, dan maju sebagai CEO di tahun 2000 bersama dengan Co-CEO Ted Sarandos. Di waktu yang sama, Peters juga ditunjuk sebagai COO Netflix.

Hastings undur diri setelah Netflix berhasil bangkit dari keterpurukannya di awal tahun 2022 lalu, di kuartal keempat Netflix berhasil menggaet jutaan pengguna baru.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini