icon-category Digilife

Rekomendasi Aplikasi Digital untuk Beli Obat biar Aman

  • 27 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi: Unsplash

Uzone.id – Maraknya isu pelarangan peredaran obat sirup yang ramai belakangan ini membuat siapapun jadi khawatir terhadap obat yang mau dikonsumsi. Apakah kandungannya sudah sesuai, amankah untuk dikonsumsi, efek sampingnya apa, dan lainnya kini menjadi pertanyaan terbesar saat akan mengonsumsi obat.

Jika dulu kita diharuskan datang langsung ke apotek untuk konsultasi, kini sudah dipermudah berkat bantuan teknologi. Hanya melalui satu aplikasi, kita bisa meminta saran, bertanya, bahkan membeli obat secara online. Kemajuan teknologi inilah yang mempermudah pengguna ketika berada di situasi seperti saat ini.

Saking banyaknya informasi yang beredar di media, tidak menutup kemungkinan pengguna jadi bingung mana informasi yang benar-benar valid, atau sekadar clickbait. Nah, daripada salah kaprah, lebih baik tanyakan saja pada sumber kredibel yang bisa dipercayakan kebenarannya.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi hingga Podcast untuk Mental Health

Lewat aplikasi apotek online dan layanan telehealth pengguna bisa langsung berkonsultasi dan memastikan apakah kandungan obat yang akan maupun sudah dibeli aman atau tidak untuk dikonsumsi.

Berikut deretan aplikasi digital yang bisa dijadikan referensi, check it out!

K24
Tak hanya ada sebagai offline store, K24 juga hadir secara online untuk mempermudah pengguna dalam mencari obat. Sama seperti namanya, aplikasi ini akan tersedia dan buka selama 24 jam.

Salah satu layanan utama dari aplikasi apotek online ini yaitu fitur live chat yang memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi secara langsung oleh apoteker terkait resep dan ketersediaan obat yang dicari. Pengguna juga bisa berkonsultasi sesuai keluhan lewat fitur tersebut.

Halodoc

Aplikasi satu ini memang bukan apotek, namun Halodoc turut menyediakan layanan telehealth agar pengguna bisa berkonsultansi terlebih dahulu dengan para mitra dokter. Jika sudah konsultansi, mereka dapat meresepkan obat-obat yang dianjurkan -- dan harusnya resep tersebut aman untuk dibeli.

Dari resep digital tersebut, pengguna bisa langsung menghubungkannya ke toko kesehatan yang terintegrasi di dalam aplikasi untuk membeli obat-obatan tersebut. Nanti kurir dari Gojek akan mengantarnya ke alamat yang dituju.

GoApotik
Mirip dengan aplikasi K24, GoApotik menawarkan pengguna untuk bertanya hingga memesan obat sesuai dengan resep yang didapatkan. Terdapat fitur live chat juga yang makin memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan apoteker secara langsung.

Baca juga: Kominfo Kawal Patroli BPOM Terkait Obat Berbahaya

GoApotik juga menjalin kerja sama dengan KitaBisa.com yang memungkinkan pengguna untuk melakukan donasi kepada orang yang membutuhkan. Disediakan pula layanan pengiriman obat di hari yang sama jika pengguna membutuhkan obat dalam waktu cepat.

Klik-Apotek
Aplikasi apotek online ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah resep dokter dan membeli secara online obat yang dibutuhkan. Aplikasi ini bekerja sama dengan dokter dan apotek konvensional yang ada di Indonesia. Dokter yang terdaftar pun diwajibkan memiliki Surat Izin Praktek (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR) terlebih dahulu agar informasi yang disampaikan sudah valid kebenarannya.

PharmaNet B2B
PharmaNet B2B menawarkan pengguna untuk membeli obat dan beragam produk kecantikan secara online. Di aplikasi ini para pemilik apotek juga dimungkinkan untuk memasarkan obat-obatnya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

KALBE Store
Aplikasi KALBE Store menyediakan berbagai macam produk obat khusus untuk ibu, bayi dan anak, nutrisi, suplemen dan vitamin, serta obat bebas hingga peralatan kesehatan lainnya. Sama seperti keempat aplikasi di atas, KALBE Store menawarkan fitur live chat jika pengguna ada pertanyaan atau komplain yang perlu disampaikan.

Deretan aplikasi mobile tadi sudah tersedia dan bisa kalian unduh secara gratis di Google Play Store maupun AppStore. Manfaatkan aplikasi ini sebaik mungkin dan jangan khawatir lagi ya kalau mau minum obat. Tanyakan saja ke mereka!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini