icon-category Gadget

Review Vivo V25: Baterai Awet, Layarnya Bikin Betah Nonton

  • 05 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Vivo V25 (Vina/Uzone.id)

    Uzone.id - Vivo V25 sudah meluncur sebulan yang lalu di Indonesia, dengan harga Rp5.999.000 bersama dengan kakaknya, Vivo V25 Pro.

    Vivo V25 ini punya desain yang fresh dibandingkan dengan Vivo V series sebelumnya, apalagi Vivo V25 ini didesain dengan bodi belakang yang tidak glossy dan yang paling penting, tidak meninggalkan jejak sidik jari.

    Bicara soal smartphone masa kini, Vivo V25 ini tidak jauh berbeda dengan smartphone lain yang ingin menonjolkan sisi kamera dan juga desain. Kalau bicara soal hasil jepretan, dengan harga Rp5 jutaan, Vivo V25 ini bisa digunakan untuk bikin konten estetik apalagi baterainya yang awet, banget.

    Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai Vivo V25, yuk simak review Uzone.id terhadap ponsel yang satu ini. 

    Desain unik dengan efek ‘berlian’ di belakang

    First impression kami ketika memegang smartphone ini adalah gak lebay alias tidak terlalu berat dan ukurannya juga tidak terlalu berlebihan. Dimensi bodinya cukup luas dengan ukuran 159.2 x 74.2 x 7.8 mm pas banget saat dipegang dengan satu tangan ataupun dua tangan.

    Kisaran bobot dari smartphone ini adalah 186 gram, makanya kami gak kewalahan ketika memegang smartphone ini dalam waktu lama. Ditambah material yang digunakan Vivo V25 adalah material yang ringan ramping sehingga tidak gampang bikin tangan pegal.

    Baca juga: Foto: Wujud Vivo V25, Desain Mewah dan Nyaman Saat Digenggam

    Untuk desainnya, Vivo menggunakan Flat Frame Design seperti ponsel kekinian lainnya ditambah mengkilap di sisinya memberikan finishing glossy biar tetap punya kesan mewah. Desain bingkai yang mirip dengan iPhone, sayangnya desain ini agak licin saat dipegang.

    Saya juga dibuat kagum dengan efek ‘berlian’ yang ada di belakang bodi varian Diamond Black. Walaupun efek ini disebut dengan bongkahan berlian, di satu angle, efek ini membentuk kotak-kotak dengan efek kilauan. Salah satu desain bodi belakang yang unik dan refreshing.

    Selain itu, belakang bodinya juga sudah anti sidik jari dan takkan meninggalkan jejak sehingga enak untuk digunakan, bikin smartphone ini gak mudah lecek.

     

    Yang sangat disayangkan, Vivo V25 ini sudah ikut-ikutan smartphone lain yang menghilangkan port audio jack 3.5mm. Smartphone ini hanya menyisakan tombol power dan volume di sebelah kanan. Untuk speaker, port charger USB-C dan slot MicroSD hybrid ditumpuk di bagian bawah.

    Soal desain kamera juga agak pasaran dengan tonjolan 2 kamera di belakang yang disusun dalam sebuah kotak yang cukup besar di bagian belakang. Desain kamera yang banyak digunakan smartphone midrange saat ini. 

    Cewek mamba yang suka warna-warna hitam tapi tetap ingin kelihatan classy bisa nih pakai Vivo V25 varian Diamond Black. 

    Layarnya yang memuaskan, tapi...

    Entah saya yang memang selalu puas nonton pakai perangkat apa saja atau Vivo V25 yang punya layar memuaskan, saya dibikin betah dan nyaman saat menonton film di Netflix dan video YouTube menggunakan Vivo V25 ini.

    Ya, Vivo V25 paling tinggi memuat video YouTube dengan kualitas 2160p, layarnya memberikan hasil warna yang cerah, detail, dan memanjakan mata saat ditonton. Layarnya juga menghasilkan warna yang lebih natural karena Vivo V25 ini sudah mendukung teknologi HDR10+.

    Baca juga: Debut di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Vivo V25 Series

    Ditambah, panel Vivo V25 ini sudah berjenis AMOLED dengan ukuran 6,44 inci beresolusi Full HD+ dan mendukung kecepatan refresh sampai 90Hz. Nonton atau scrolling media sosial bakal mulus-mulus saja pakai smartphone ini. Selain itu, layarnya juga tidak memberikan delay saat jari menyentuh atau memindahkan menu dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

    Desain layarnya cukup jadul dengan layar datar dan bezel bawah yang cukup tebal, tapi tak masalah bagi saya yang fokus pada kualitas layar yang disuguhkan oleh Vivo V25 ini. Yang sangat saya sayangkan adalah desain poni atau notch yang agak besar di bagian tengah atas, agak mengganggu mata ketika sedang menonton video full screen. 

    Untuk pemakaian di luar ruangan, tak perlu khawatir bakal gelap saat dipakai di bawah sinar matahari karena Vivo V25 ini sudah dibekali intensitas cahaya layar hingga 1300 nits. Pengguna masih bisa melihat layar dengan baik bahkan cerah.

    Dengan harga Rp5 jutaan, Vivo V25 sudah didukung juga dengan sidik jari underdisplay dan juga fitur Face Unlock yang memungkinkan kita membuka ponsel hanya dengan memindai wajah.

    Sejauh menggunakan smartphone ini, saya sendiri cukup puas dengan kualitas layar yang dimiliki Vivo V25 ini. Sebagai masukan saja, akan lebih baik kalau kamera depannya dihadirkan dalam notch yang lebih kecil.

    Performa dan Baterai

    Vivo V25 didukung dengan MediaTek Dimensity 900 (6nm) Octa-Core 2,4 GHz dengan kombinasi RAM 8GB dan extended RAM 8GB. Sementara itu, Vivo V25 ini juga dibekali ROM 256GB dan slot MicroSD hingga 1TB.

    Extended RAM 8GB ini hadir untuk menunjang aktivitas pengguna sehari-hari, apalagi kalian yang suka main game seperti Mobile Legend, PUBG, Free Fire dan lainnya, ponsel ini akan memberikan pengalaman main game yang cukup smooth.

    Untuk performanya, saya mencoba untuk menjalankan beberapa aktivitas ringan seperti mendengarkan musik, menonton video dan membuka media sosial, hasilnya Vivo V25 ini tidak memiliki kendala apapun alias lancar banget. Saya juga masih bisa scrolling dengan lancar walaupun saya sedang mendownload beberapa game dan aplikasi di layar belakang.

    Selanjutnya, saya juga bermain game ringan dan santai seperti Slither.io selama 1 jam lebih, hasilnya tak ada tanda-tanda ponsel akan overheat. Begitupun dengan main game seperti Mobile Legend selama kurang lebih 45 menit, ponsel masih tetap tak menghangat walaupun sebelumnya sudah dipakai seharian. Tak lupa, layarnya tidak memberikan delay pada gerakan tangan pengguna.

     

    Untuk baterainya, Vivo V25 ini jadi salah satu smartphone yang cukup awet untuk digunakan seharian. Dengan kapasitas baterai 4500mAh dan dukungan FlashCharge 44W, smartphone ini bisa mengisi baterai dalam waktu hampir 2 jam dari 0 persen hingga 100 persen. Cukup lama tapi tenang saja, karena baterainya bisa awet sampai seharian penuh.

    Dalam pengujian PC Mark, smartphone ini bisa tahan hingga 17 jam 28 menit. Terbukti ketika saya menggunakan smartphone ini untuk nonton film sambil download aplikasi selama kurang lebih 1,5 jam baterai yang tersedot hanya 10 persen saja. Dengan catatan, saya menggunakan kecerahan full dan mengaktifkan refresh rate mode ‘smart switch’.

    Baca juga: Vivo V25 Kemahalan? Vivo V25e Bisa jadi Alternatif Nih

    Dengan sisa baterai 45 persen, smartphone ini hanya menghabiskan sekitar 19 persen untuk waktu pemakaian dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang. Ini termasuk membuka aplikasi Spotify, mendownload game, dan menonton YouTube serta Netflix.

    Hasil kamera yang ciamik dan estetik

    Kalau bahas soal kamera, dengan harga kisaran Rp5 jutaan, Vivo V25 sudah memberikan kualitas kamera yang worth it. Apalagi buat pengguna seperti saya yang suka foto-foto objek seharian.

    Satu-satu yang disayangkan adalah kenapa Vivo malah downgrade dari generasi sebelumnya dalam jumlah kamera selfie, sekarang Vivo V25 hanya ada satu kamera 50MP saja di bagian depan.

    Di belakang, terdapat 3 kamera yaitu 64MP kamera utama dengan OIS, 8MP sebagai kamera ultrawide dan kamera makro dengan resolusi 2MP. 

    Vivo V25 ini punya berbagai teknologi mulai dari 64MP OIS Night Camera, Super Night Mode, Bokeh Portrait Video dan Bokeh Flare Portrait, 50MP Eye Autofocus, Hybrid Image Stabilization, Natural Portrait, Vlog Movie dan Dual-View Video.

    Saya terkesan dengan fitur Night Mode yang ada di Vivo V25 ini karena masih bisa menangkap cahaya dan detail objek dengan baik, bahkan dengan jelas. Jadi, masalah minim cahaya saat foto malam takkan menghalangi kalian saat motret objek malam hari.

    Satu lagi, kalian bisa menggunakan fitur ‘Vlog Movie’ untuk membuat konten video pendek. Fitur ini sudah punya berbagai template sehingga kita tak usah ribet edit-edit video.

    Berikut adalah beberapa hasil jepretan menggunakan Vivo V25:




    Foto objek malam hari? Tak masalah..

    Kesimpulan

    Dengan harga Rp5.999.000, Vivo V25 ini jadi smartphone penengah antara V25 Pro dan V25e. Kesimpulan saya saat menggunakan ponsel ini adalah Vivo V25 masih terbilang worth it dan tidak overprice mengingat ponsel punya hasil kamera yang ciamik dan baterai yang awet, ditambah desainnya yang ramping dan classy. 

    Soal performa jangan ditanya, Vivo V25 ini termasuk smartphone yang bisa diajak beraktivitas beragam seharian mulai dari hunting foto dan video, gaming, nonton film, mendengarkan musik, dan main media sosial tentunya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini