icon-category Startup

Rewind Indigo: Ragam Pencapaian Sepanjang 2022

  • 10 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Indigo

Uzone.id - 2022 sudah berlalu, dengan berbagai pencapaian yang secara konsisten terus dilakukan Indigo sebagai penyelenggara program inkubasi dan akselerasi startup digital di bawah naungan Telkom Indonesia.

Indigo terus bertransformasi dengan menghadirkan berbagai program yang telah dirancang sedemikian rupa agar lebih relevan dengan kebutuhan perkembangan startup digital masa kini. 

Sebagai bagian dari Leap yang merupakan brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi di Indonesia, Indigo mengarahkan startup binaannya agar dapat memberikan dampak yang signifikan bagi ekonomi digital Indonesia.

Baca juga: Selamat Datang 2023! Ini Tentang Startup Bakar Duit hingga Modal Investor

Berbagai usaha Indigo selama tiga belas tahun berkiprah membina startup digital hingga 2022 ini telah berhasil mengantarkan Indigo dinominasikan kembali sebagai “Best Startup Incubator/Accelerator” dalam Asean Startup Awards

Bahkan, Indigo berhasil memperoleh penghargaan sebagai “Incubator Presidential Nominee 2022” dalam ajang Asian Association of Business Incubation (AABI) yang ke-20. 

Berikut adalah daftar pencapaian Indigo sepanjang tahun 2022 yang telah berhasil membuat Indigo menjadi lebih baik:

Indigo Intake 2022

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar sebanyak dua kali dalam setahun, program Indigo Intake pada 2022 ini hanya digelar satu kali saja pada bulan Maret 2022 silam. Meskipun begitu, sepanjang tahun 2022 Indigo juga membuka proses Intake Incidental, di mana founders startup bisa mengirimkan portfolio bisnisnya melalui tautan join.indigo.id untuk ditinjau tim Indigo tanpa dibatasi rentang waktu tertentu. 

Dengan mengusung konsep yang lebih segar, 249 startup berharap untuk dapat terjaring tim Indigo. Namun, hanya dua puluh diantaranya saja yang berkesempatan untuk mengikuti rangkaian program mentoring.

Selama empat pekan ke-20 startup tersebut didampingi langsung oleh delapan mentor ahli yang mengupas empat topik utama; diantaranya Startup Founding Team, Lean Startup, Financials, dan Growth Hacking

Setelah dibekali dengan berbagai materi tersebut, para startup pun ditinjau kembali performanya selama masa pre-incubation berlangsung hingga akhirnya terpilih sepuluh startup unggulan yang melaju ke tahap pitching di hadapan dewan juri dari Indigo, Telkom Group, dan para stakeholders

Hasilnya, empat startup berhasil melanjutkan perjalanannya untuk mengikuti program inkubasi Indigo. Adapun keempatnya adalah Omni Hotelier, Jahitin, Ummacademy, dan Influence ID.

Para founders startup dengan proposal bisnis yang dirasa sesuai dengan kriteria Indigo akan dihubungi untuk berdialog lebih lanjut terkait kesempatan mendapat pembinaan.

Indigo Game Startup Incubation: Batch 5

Pada perhelatan tahun 2022 ini, Indigo Game Startup Incubation (IGSI): Batch 5 digelar dalam rentang waktu yang nyaris bersamaan dengan Indigo Intake 2022, yakni pada bulan Maret 2022. 

Masih sama dengan batch terdahulu, pada batch kelimanya kali ini IGSI memberikan kesempatan yang sama, baik bagi individu maupun tim untuk turut berpartisipasi. Hasilnya, terdapat 111 pendaftar yang terdiri dari 34 tim dan 77 individu.

Mengusung konsep yang setipe dengan Indigo Intake, IGSI Batch 5 memberi kesempatan kepada 32 tim untuk mengikuti bootcamp yang digelar selama dua bulan. 

Dalam fase bootcamp tersebut, terkumpul 400 premis game selama sesi brainstorming digelar. Para peserta bootcamp kemudian dibekali dengan beragam materi dan ditinjau kembali potensinya untuk dapat lanjut ke tahap inkubasi. 

Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat, hanya enam diantaranya saja yang berkesempatan untuk mengikuti program IGSI Batch 5 hingga November 2022 silam. 

Keenam startup tersebut diantaranya adalah Berangin Creative, Seraph Game, Salt Studio, Mushroomallow, Motion Canvas, dan Unixcorp.

Indigo Unlock

Salah satu bentuk pembinaan Indigo terhadap startup binaannya adalah dengan menghadirkan produk dan/atau layanan mereka untuk diterapkan secara nyata melalui program Indigo Unlock. 

Dalam kesempatan 2022 ini, ada delapan startup yang tengah dalam masa inkubasi yang mengujikan produk dan/atau layanan mereka dengan dibantu oleh empat IndigoHub yang tersebar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Makassar, dan Jogja.

Selama empat kuartal 2022, delapan startup tersebut– diantaranya Ctscope, Psikku, HearMe, Gruu, Educourse, Ummacademy, Omni Hotelier, dan Jahitin, berhadapan langsung dengan berbagai permasalahan bisnis nyata yang dihadapi oleh 76 entitas yang bekerja sama dengan IndigoHub. 

Seluruh entitas yang terlibat pun merupakan badan usaha yang sejalan dengan produk dan/atau layanan yang tengah dikembangkan oleh startup binaan Indigo.

Para startup binaan Indigo pun memvalidasi produk dan/atau layanannya lewat kerja sama tersebut agar lebih relevan dan dapat menyelesaikan ragam permasalahan yang timbul. 

Hasilnya, tercipta 72 partnership dengan beberapa notable achievement; seperti terjalinnya partnership dengan Indonesia Career Center Network yang membantu memperkenalkan Psikku ke seluruh career center kampus di Indonesia.

Selain itu, kemitraan strategis juga terjalin dengan PHRI Jawa Barat yang akan memperkenalkan Omni Hotelier ke seluruh hotel di Jawa Barat.

Indigo Startup Integration

Startup binaan Indigo, baik yang tengah dalam program maupun yang telah menjadi alumni sekalipun, mendapatkan kesempatan untuk bersinergi dengan berbagai entitas dalam Telkom Group dan mitranya. 

Sepanjang tahun 2022, tercatat setidaknya terwujud 72 inisiasi antara 42 entitas Telkom Group dan mitra bersama 48 startup Indigo. 

Setelah menempuh diskusi selama beberapa pekan, akhirnya tercipta 28 sinergi, yang mana empat diantaranya bahkan sudah dalam tahap kerja sama.

Adapun sinergi yang terwujud diantaranya seperti yang dilakukan oleh Cazh, startup Indigo 2018, dengan Telkom Tribe Small Medium Business (SMB).

Keduanya bersama-sama mengembangkan core-banking system yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh berbagai Bank Perkreditan Rakyat yang ada di Indonesia. 

Selain itu ada juga Educourse, startup Indigo 2021, dengan Pijar Sekolah yang bekerja sama dalam mengembangkan kurikulum pemrograman dan technopreneur yang mengusung metode pembelajaran berbasis Science, Tech, Engineering, Art, dan Mathematics (STEAM)  yang diperuntukan bagi sekolah menengah kejuruan.

IndigoSpace

IndigoSpace selaku perpanjangan tangan dari Indigo untuk membantu membangun ekosistem startup digital di seluruh penjuru Indonesia, telah memfasilitasi setidaknya 216 startup digital sepanjang tahun 2022 ini. 

Selain menyediakan co-working space yang memungkinkan terwujudnya sinergi antar startup, IndigoSpace juga memberikan pembinaan tahap awal kepada para startup tersebut dengan menghadirkan 268 mentor yang tersebar di 18 lokasi IndigoSpace. 

Tidak hanya itu saja, IndigoSpace juga telah membantu membekali para startup tersebut melalui 126 Indigo Series yang digelar secara daring dan luring. 

Startup Clinic

Selaku program terbaru dari Indigo pada tahun 2022 ini, Startup Clinic berusaha menghubungkan startup tahap awal yang dibina di IndigoSpace dengan para praktisi industri terkait. 

Hal ini untuk membantu para founders startup mendapatkan wawasan terkait ragam problematika startup dan trik menghadapinya. 

Indigo bekerja sama dengan IndigoSpace berhasil menggelar 3 Startup Clinic yang telah menghubungkan 29 startup dengan para ahli untuk berkonsultasi secara langsung terkait teknik pemasaran, pengelolaan SDM, hingga cara mendapatkan pelanggan baru.

Indigo Betalist & Indigo Challenge

Selain Indigo Intake, sepanjang tahun 2022 Indigo menghadirkan dua program terbaru guna menjaring dan membina startup digital dalam waktu singkat secara lebih terfokus melalui Indigo Betalist dan Indigo Challenge.

Indigo Betalist membantu dua puluh startup terpilih yang ingin mengasah dan mempertajam perkembangan bisnisnya secara signifikan. 

Para startup tersebut tidak hanya berkesempatan untuk membekali diri dengan berbagai materi terkait Growth Hacking yang dikupas oleh lima ahli saja. 

Tiga startup dengan performa terbaik selama masa bootcamp juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah bernilai jutaan rupiah.

Sementara itu, Indigo Challenge telah berhasil membekali 40 startup dengan 2 topik mentoring yang dibawakan oleh 2 orang ahli selama masa bootcamp digelar. 

Para startup tersebut kemudian ditinjau kembali potensinya untuk mengikuti 3 mini-incubation bersama 15 mentor dari Telkom Group. 

Sama seperti Indigo Betalist, di akhir kegiatan, tiga startup dengan performa terbaik selama masa bootcamp dan mini-incubation berhak memperoleh hadiah bernilai jutaan rupiah.

EPILOG

Indigo berkomitmen untuk mempertahankan seluruh pencapaian Indigo selama tahun 2022 dan memperbaiki segala kekurangan yang dirasa menghambat pembangunan ekosistem startup digital di Indonesia. 

Ke depannya di tahun 2023 Indigo akan menghadirkan berbagai program baru yang dapat membantu startup digital di Indonesia mencapai potensi maksimalnya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini