home ×
Digilife

Ribuan Foto Pengguna Lenyap di Lightroom Gegara Bug, Adobe Minta Maaf

21 August 2020 By
Ribuan Foto Pengguna Lenyap di Lightroom Gegara Bug, Adobe Minta Maaf
Share
Share
Share
Share

(Foto: Unsplash)

Uzone.id -- Berawal dari para fotografer yang kompak panik dan mengeluh di platform digital seperti Twitter, Reddit, hingga forum Photoshop mengenai foto-foto mereka yang mendadak hilang dari Adobe Lightroom. Terungkap, ternyata semuanya gara-gara bug.

Belakangan ini, pengguna khususnya fotografer yang mengandalkan layanan edit foto Lightroom dari Adobe mengatakan sejak mereka memperbarui aplikasi di perangkat iOS, tiba-tiba semua foto dan preset mereka lenyap.

Tak tanggung-tanggung, setelah Adobe mengkonfirmasi masalah ini dan ditemukan adanya bug di dalam update iOS terbaru, semua data pengguna dipastikan hilang secara permanen.

“Saya berbicara ke layanan pelanggan selama 4 jam lebih dalam dua hari belakangan, dan baru tadi mereka memberitahu saya bahwa masalah ini tidak bisa diperbaiki, yang artinya foto-foto hilang tersebut tidak bisa kembali,” keluh salah seorang pengguna Reddit yang mengatakan data foto selama 2 tahunnya itu telah lenyap.

Baca juga: Adobe Flash Player Resmi Dihapus 31 Desember 2020

“Kejadian ini adalah yang terburuk,” cuit pengguna lain di ranah Twitter, yang juga mengatakan sekitar 800 ratus fotonya hilang dan preset bikinan mereka yang nilainya bisa setara ratusan dollar.

Perwakilan Adobe, Rikk Flohr meminta maaf atas kesalahan ini.

“Kami sadar hal ini bikin frustrasi, kami meminta maaf secara tulus kepada para pengguna yang terdampak oleh masalah ini,” tulis Flohr dalam pernyataan terbuka perusahaan.

Baca juga: Ada Bug di iOS 14, Instagram Suka Buka Kamera Sendiri

Adobe memastikan data foto dan preset milik pengguna tidak dapat diselamatkan, meskipun ada update aplikasi terbaru juga.

Pihak Adobe juga merilis pernyataan yang isinya berupa klarifikasi bahwa masalah ini lebih berdampak pada pengguna Lightroom mobile tanpa langganan cloud Adobe. Pun begitu mereka yang berlangganan untuk mengedit foto dan membuat preset namun tidak tersinkronisasi ke cloud Adobe.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id