icon-category Gadget

Sabar, Apple MacBook dengan Layar OLED Hadir 2 Tahun Lagi

Ilustrasi Apple MacBook Air dengan layar OLED (Foto: Techradar)

Uzone.id - Laptop dengan layar OLED sudah dipopulerkan oleh brand laptop seperti Asus. Mulai dari laptop kasual hingga gaming terbaru besutan Asus sudah memakai panel layar OLED yang canggih. Lalu, bagaimana dengan brand lain seperti Apple misalnya?

Buat kalian yang berharap Apple MacBook dengan layar OLED akan meluncur dalam waktu dekat, simpan kembali harapannya. Setidaknya, kalian perlu menanti sampai 2024 hingga impian tersebut dikabulkan oleh raksasa teknologi asal Cupertino.

Laporan dari seorang analis bernama Ross Young mengatakan bahwa Apple berencana untuk lebih memajukan teknologi layar pada 2024 mendatang.

Baca juga: Ketika iPhone Disulap jadi Webcam MacBook

Sang analis menjelaskan bahwa Apple mungkin akan merilis MacBook dengan layar OLED sekitar dua tahun lagi. Tak cuma itu saja, iPad Pro pun akan disematkan layar OLED oleh Apple di tahun yang sama.

"Apple akan meluncurkan notebook 13,3 inci OLED pada 2024 dan tambahan iPad Pro OLED berukuran 11 inci dan 12,9 inci," kata Young, seperti dikutip dari 9to5Mac.

"Kemungkinan itu adalah MacBook Air, tapi mungkin juga MacBook, MacBook Pro atau kategori yang baru," jelasnya.

Young menambahkan bahwa layar OLED di MacBook Air terbaru dan iPad Pro akan menggunakan teknologi bernama tandem stack. Teknologi itu akan meningkatkan intensitas cahaya, menambah masa pakai layar, dan mengurangi konsumsi dayanya sekitar 30 persen.

Layar OLED yang digunakan oleh Apple juga punya kemampuan refresi rate adaptif yang mirip-mirip Samsung Galaxy S22 Ultra. Kecepatan refresh layar dengan banyak variabel untuk menambah efisiensi baterai.

Baca juga: Harga MacBook Air dengan Chip Apple M2

Sebelum memakai panel OLED, Apple rutin menggunakan teknologi Mini-LED pada jajaran produknya. Layar jenis ini punya kelebihan dari OLED, tapi juga lebih buruk dalam beberapa hal lain.

Mini-LED memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi dari OLED, tapi local dimming-nya tak seakurat OLED. Juga, layar jenis itu bebas dari burn-in yang kerap jadi masalah bagi panel OLED.

Selain pemakaian OLED dua tahun lagi, Apple disebut-sebut tengah mengembangkan layar berjenis Micro-LED. Teknologi ini menggabungkan kelebihan dari Mini-LED dan OLED, yakni lebih terang, warna lebih akurat, dan bebas dari burn-in.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini