icon-category Gadget

WWDC 2022: Ketika iPhone Disulap jadi Webcam MacBook

  • 07 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Salah satu hal menarik dari update MacOS terbaru, Ventura, adalah fitur Continuity Camera. Hal ini bisa dimengerti, karena sejak pandemi, aktivitas tatap muka virtual semakin sering dilakukan.

    Di hajat WWDC Apple yang digelar secara online, Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi memperlihatkan cara kerja Continuity Camera ini.

    “Fitur ini bisa membuat iPhone kita menjadi webcam pada perangkat Mac, dan menerobos kemampuan baru yang sebelumnya tidak pernah ada di webcam,” jelas Craig.

    Ia melanjutkan, “kekuatan dari Continuity Camera, Mac bisa mengenali dan menggunakan kamera pada iPhone secara otomatis dalam jarak dekat – semua dapat dilakukan tanpa kita perlu membuka kunci iPhone atau membuka kameranya secara manual. iPhone pun bisa langsung terhubung ke Mac secara wireless.”

    Baca juga: Ada MacBook Air Pakai Chip M2, Harga Mulai Rp17 Jutaan

    Dari demonya itu, Craig menunjukan kalau iPhone-nya dilengkapi stand khusus yang desainnya cukup minimalis dan ditempel di bagian punggung ponsel. Stand tersebut langsung dipasangkan di bagian atas Mac, lalu ia mengaktifkan kamera pada Mac, dan wajahnya langsung muncul di layar laptop namun itu semua menggunakan kamera iPhone.

    Continuity Camera ini bekerja dengan dukungan Center Stage, Portrait mode, dan fitur Studio Light yang dapat memberikan efek cahaya lebih terang pada bagian wajah pengguna serta background yang lebih gelap seperti halnya kita menggunakan ring light.

    Tak hanya itu, Continuity Camera juga mendukung lensa Ultra Wide pada iPhone agar bisa mengaktifkan Desk View dan memperlihatkan wajah pengguna dan tampilan meja yang ada depan pengguna.

    Kemampuan ini dipercaya Apple dapat berguna bagi kreator untuk membuat video DIY (Do-It-Yourself), unboxing, memperlihatkan proses kreatif menggambar, dan lain-lain.

    Selain Continuity Camera, MacOS Ventura juga menyuguhkan pembaruan pada FaceTime yang memungkinkan pengguna mengganti (Switch) aktivitas video call dari iPhone ke Mac atau iPad selama jaraknya masih dekat.

    Baca juga: Apple Pamer iOS 16 dan MacOS Ventura

    Jadi ketika pengguna sedang video call melalui FaceTime di iPhone, MacOS Ventura memberi notifikasi berupa opsi “Switching” agar video call tersebut pindah ke perangkat Mac atau iPad. Tinggal diklik, maka tampilannya langsung migrasi ke perangkat lain.

    Selebihnya, Apple akan menambah beberapa pengalaman baru ke MacOS Ventura ke fitur Live Text, Visual Look Up, Weather, Clock, hingga Rapid Security Response.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini