icon-category Gadget

Saingi AirTags Apple, Google Siapkan Alat Pelacak 'Grogu'

  • 17 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: AirTag Apple (dok. ??c Tr?nh/Unsplash)

Uzone.id – Google berencana untuk menghadirkan perangkat pelacak yang mirip dengan AirTag dari Apple dan SmartTag dari Samsung.

Dan sebentar lagi, Google berencana menggunakan UWB untuk fungsi lain. Dari laporan 9to5Google, Selasa, (17/01), Google sedang mengerjakan perangkat pelacak Bluetooth baru untuk bersaing dengan AirTags Apple.

Informasi ini berasal dari peneliti Android dan leaker Pixel Kuba Wojciechowski. Perangkat pelacak yang sedang dalam pengembangan ini memiliki kode nama ‘Grogu’ dengan nama alternatif ‘GR10’ dan Groguaudio.

Google akan menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan Ultra-Wideband (UWB) yang sudah lebih dulu dirilis untuk perangkat flagship mereka. Perangkat ini akan dibuat oleh tim speaker Nest dari Google.

Baca juga: Spek Samsung Galaxy A14 5G, Sudah Dijual Resmi Harga Cuma Rp3 Juta

Dari nama Groguaudio, perangkat saingan AirTags ini berpotensi dibekali dengan speaker yang berfungsi untuk tindakan privasi serta bantuan lokasi.

Keakuratan dan keberadaan perangkat tracker saat ini menimbulkan banyak masalah, salah satunya digunakan stalker untuk melacak orang lain diam-diam.

Maka dari itu, Google tahun lalu juga mengerjakan perangkat yang akan membuat orang lain memberi tahu penggunanya kalau ada pelacak yang ada disekitar mereka. Hal ini tentu akan membantu keamanan pengguna yang takut ada pelacak tak diinginkan berada di properti mereka.

Baca juga: 7 Smartphone Flagship yang Bakal Warnai 2023, Ngincer yang Mana?

Belum diketahui kapan perangkat ini akan meluncur, begitupun dengan perkembangannya yang masih dirahasiakan oleh pihak Google sendiri. 

Namun, prediksi beberapa sumber mengatakan kalau perangkat ini kemungkinan meluncur pada musim gugur 2023 atau kisaran musim semi 2024.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini