icon-category Gadget

Review: Samsung Galaxy Fold4 5G, Seperti PC di Dalam Saku

  • 31 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Samsung Galaxy Fold4 (Foto: Susetyo/Uzone.id)

    Uzone.id - Dengan bentuk ponsel lipat seperti Samsung Galaxy Z Fold4 5G, artinya membuat pengguna bisa melakukan produktifitas atau menggunakan untuk perangkat hiburan secara bersamaan.

    Seperti diketahui, Samsung memberikan ukuran layar 6.2 inci untuk cover screen dan kemudian saat dibuka dalam posisi setelah dilipat ukuran layarnya menjadi 7.6 inci.

    Ini sudah termasuk dukungan sistem operasi Android 12L, yang memang merupakan turunan dari OS tersebut yang memang dioptimalkan untuk perangkat ponsel lebar.

    Performa Mengagumkan

    Selama kami menggunakan Galaxy Z Fold4 5G selama beberapa minggu, sudah bisa disimpulkan prosesor Qualcomm 8+1 Gen 1 memang membuat perangkat ini menjulang kemampuannya.

    Menurut Qualcomm, kecepatan clock di chipset ini membuat Galaxy Z Fold4 5G lebih cepat memberikan peningkatan 10 persen dalam kinerja CPU. Qualcomm juga meningkatkan jam GPU Adreno sebesar 10 persen untuk meningkatkan kinerja game dan grafis juga.

    Baca juga: Hal yang Membuat Galaxy Flip4 5G Laris Manis

    Qualcomm membuat pengalaman GPU Adreno yang "ditingkatkan" dengan tidak hanya memberikan kecepatan lebih cepat, tetapi juga pengurangan daya lebih hemat 30 persen untuk menghadirkan pengalaman gameplay terbaik.

    Menurut Qualcomm, pengguna dapat mengharapkan hingga 60 menit tambahan untuk bermain game dari biasanya.

    Selain memperpanjang gameplay selama satu jam, Qualcomm mengatakan pengguna dapat mengharapkan 80 menit lebih banyak streaming video, 5,5 jam lebih banyak waktu bicara dan 25 menit panggilan video 5G, tambahan 50 menit menjelajahi situs dan layanan media sosial, dan 17 lebih banyak jam pemutaran musik.

    Multitasking Wow

    Fitur Multiwindow di Galaxy Z Fold4  5G dapat membantu pengguna melakukan banyak tugas seperti seorang profesional sepanjang hari.

    Jika pengguna ingin menonton video sambil melihat-lihat foto, atau mengirim email saat menelusuri berita, cukup buka aplikasi secara bersamaan menggunakan layar terpisah atau tampilan pop-up.

    Selain itu, pengguna bisa memindahkan atau menyalin file dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah. Hal itu lantaran tersedia fitur Drag and Drop.

    Jadi saat memindahkan file, pengguna cukup memilih dan menekan file yang diinginkan lalu menariknya ke aplikasi lainnya. contohnya, untuk mengirim file foto dari gallery melalui email atau aplikasi perpesanan WhatsApp.

    Pengguna Galaxy Z Fold4 5G memaksimalkannya dengan menghadirkan taskbar yang ada di bawah layar, saat pengguna membuka layar utamanya (bukan di cover screen).

    Bentuknya memang seperti taskbar yang ada di PC

    Apa fungsinya, pertama pengguna akan semakin cepat untuk berpindah ke aplikasi selanjutnya tanpa harus kembali ke tombol home.

    Kedua, Taskbar ini berfungsi untuk memudahkan pengguna Galaxy Z Fold4 5G membuka aplikasi atau multiwindows secara bersamaan. Dan berkat prosesor Snapdragon, semua jendelanya berjalan dengan sangat mulus.

    Layar Lebih Lebar

    Ini Galaxy Fold4 dan Ini Galaxy Fold3, lalu bedanya apa saja dari sisi layarnya, mari kita bahas?

    Secara ukuran layar keduanya sama, di layar depan atau cover screen mengusung 6.2 inci panel Dynamic AMOLED 2x. Namun kini Fold4 kini lebih tajam, resolusi di Fold3 2268x832, sementara di Fold4 sudah 2.316x904.

    Saat dipegang dengan satu tangan pun, Galaxy Fold4 kini jauh lebih enak ya. Sebab kini, cover screennya itu 2.7 mm lebih luas dari fold3. Dari sisi bezel pun jauh lebih tipis, karena punya bodi rasio 24,5:9 dibandingkan dengan 23,1:9 di Fold4.

    Di layar utama pun demikian, ukuran layar 7.6 inci Dynamic AMOLED 2x, namun kini Fold4 jauh lebih tajam karena kepadatan resolusinya mencapai 1000nits.

    Walaupun ukurannya sama, tapi Fold4 ini terlihat lebih kecil ya karena memang tingginya itu 155.1 mm atau berkurang 3.1 mm dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

    Baca juga: 5 Upgrade dan Kelebihan yang Dibawa Samsung Galaxy Z Flip4

    Dan tentu saja sekarang penampang layar utamanyanya juga jauh lebih luas karena lebih lega hingga 3 mm dibandingkan sebelumnya.

    Bicara engselnya ini sekilas memang sedikit tipis tidak terlalu gendut dibandingkan fold3, namun lipatannya mohon maaf masih terlihat jelas dibandingkan generasi sebelumnya.

    Jadi, kesimpulannya Fold4 ini layar lebar lebih tajam dan jauh lebih ringkas dibandingkans sebelumnya.

    Pre-order Galaxy Z Flip4 5G dan Z Fold4 5G sekarang dan rasakan greater foldable experience!

    Memimpin pasar dan teknologi ponsel lipat smartphone sejak 2019, Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 5G ditawarkan dengan lebih terjangkau dengan peningkatan hardware dan fitur walaupun di tengah isu kelangkaan dan kenaikan harga chipset.

    Galaxy Z Flip4 5G hadir dengan fitur yang lebih memukau dan harga yang lebih terjangkau, yaitu mulai dari Rp 13.999.000, yang turun dari harga peluncuran Galaxy Z Flip3 5G sebesar Rp14.999.000. Galaxy Z Fold4 5G hadir dengan peningkatan performa tanpa peningkatan harga, di mana banderolnya sama dengan Galaxy Z Fold3 5G saat diluncurkan, yaitu mulai dari Rp24.999.000.

    Samsung juga memberikan penawaran terbaik bagi konsumen dalam melakukan pre-order Galaxy Z Flip4 5G dan Z Fold4 5G untuk membuat perangkat foldable semakin mainstream. Penawaran terbaik ini juga menjadi apresiasi Samsung terhadap animo luar biasa dari masyarakat Indonesia pada foldable Galaxy.

    Samsung mencatat bahwa Indonesia merupakan satu dari 10 negara teratas dengan penjualan foldable Galaxy terbesar di dunia. Tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Galaxy Z Series pun salah satunya dibuktikan saat pre-order untuk Galaxy Z Fold3 5G dan Z Flip3 5G yang mencapai delapan kali lipat dari total pre-order pada foldable series sebelumnya.

    Untuk setiap pre-order Galaxy Z Flip4 5G atau Z Fold4 5G, pelanggan akan mendapatkan keuntungan dengan total nilai lebih dari Rp5.000.000 yang terdiri dari 1 Year Full Protection by Samsung Care+ senilai Rp2.739.000, e-voucher sampai dengan Rp1.500.000, dan cashback sampai dengan Rp1.000.000 dari bank rekanan. Spesial bagi pengguna setia Samsung Galaxy S Series, Note Series, dan Z Series, Samsung juga menyediakan cashback untuk trade-in senilai Rp1.000.000.

    Konsumen juga bisa menikmati program cicilan 0% hingga 24 bulan untuk Galaxy Z Flip4 5G dan program cicilan 0% hingga 36 bulan untuk Galaxy Z Fold4 5G. Periode pre-order akan berlangsung sampai tanggal 1 September di www.samsung.com/id serta mitra Samsung yaitu Blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, JD.ID, Eraspace, Dinomarket, Akulaku, dan Tiktok Shop.







    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini