icon-category Gadget

Samsung Galaxy Watch5, ‘Sang Juara’ untuk Olahraga

  • 14 Oct 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Smartwatch belakangan digunakan tidak hanya untuk sekedar pemanis tambahan fungsionalitas dari sebuah perangkat genggam saja. Pasalnya, kesadaran gaya hidup sehat ini juga memengaruhi penggunaan gadget ini.

Ya, tidak salah memang karena smartwatch saat ini sudah banyak fungsinya untuk menunjang gaya hidup sehat. Termasuk salah satunya adalah Samsung Galaxy Watch5 Series.

Bahkan untuk seri Galaxy Watch5 Pro kami bisa mengklaim juaranya untuk olahraga.

Galaxy Watch 5 Pro juga berbeda dari generasi sebelumnya karena mendukung GPX, yang merupakan singkatan dari GPS Exchange.

Fitur GPX berisi informasi visual untuk rute, jalur, trek, dan titik arah. Namun, ada dua tangkapan penting, yang pertama adalah GPX di Watch 5 Pro hanya berfungsi untuk hiking dan bersepeda saat ini.

Baca Juga: Samsung Galaxy Z Flip4 dan Z Fold4, Mana yang Jadi Favorit di Indonesia?

Ini tidak akan berfungsi untuk berjalan, berlari, bersepeda gunung, dan aktivitas fisik berbasis rute lainnya.

Samsung Health di Watch 5 Pro dapat melacak lebih dari 90 jenis latihan yang berbeda, meskipun hanya dapat secara otomatis mendeteksi latihan untuk beberapa jenis: berjalan, berlari, berenang, pelatihan elips, mesin dayung, dan latihan dinamis.

Jika Watch5 Pro mendeteksi gerakan yang konsisten selama 10 menit, secara otomatis mencatatnya sebagai latihan dan terus melacak hingga kalian diam selama beberapa menit lagi.

Bikin lari lebih asyik dengan fitur komprehensif di Galaxy Watch5 series

Berbagai studi menunjukkan, lari bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, menurunkan berat badan, hingga mengurangi risiko kematian dini.

Manfaat lari pun bisa dirasakan berbagai kalangan karena relatif mudah dilakukan. Bagi yang ingin menjadi versi terbaik dirinya dari olahraga lari, Galaxy Watch5 series hadir dengan fitur komprehensif untuk memastikan rutinitas lari lebih well-prepared.

Sebelum lari, ada baiknya kita memahami kondisi tubuh terlebih dahulu agar tidak overtraining untuk merasakan manfaat lari yang optimal.

BioActive Sensor pada Galaxy Watch5 mampu memberikan pembacaan menyeluruh terhadap tubuh kita, dari detak jantung, kadar oksigen dalam darah, tekanan darah, hingga tingkat stres.

Baca Juga: Work dan Workout dengan Galaxy Watch5 Serta Buds2 Pro

Untuk memahami tubuh lebih lanjut, kita juga bisa memakai fitur Body Composition untuk cek berat badan hingga kadar lemak dalam tubuh, lalu pasang target komposisi tubuh proporsional sesuai karakteristik badan kita.

Fitur-fitur ini sangat membantu sebagai panduan dalam menentukan intensitas lari yang ingin dilakukan dan membuat rutinitas lari jadi lebih terarah.

Berikut cara memonitor kondisi tubuh melalui fitur Health Monitoring:

  1. Pilih pengukuran yang ingin kamu, misalnya pengguna ingin mengukur detak jantung, scroll ke “Heart Rate” dan ketuk “Measure”.
  2. Ikuti panduan dan tunggu sejenak saat Watch5 melakukan pengukuran.
  3. Lihat hasilnya di smartwatch, atau buka Samsung Health di smartphone untuk hasil yang lebih detail.

Setelah mengetahui kondisi tubuh, kita bisa memilih jenis lari yang sesuai dengan kemampuan pengguna dengan menggunakan fitur Interval Training. Caranya mudah:

  1. Pilih menu olahraga “Running” di daftar Exercise di Galaxy Watch5.
  2. Ketuk “Setting” untuk mengatur target.
  3. Aktifkan “Target” sebelum berolahraga.
  4. Pilih “Interval” untuk mengatur waktu serta jarak untuk setiap set olahraga kamu berdasarkan durasi, jarak, kalori yang ingin dibakar.
  5. Masukkan “Recovery Time” dan “Repeat” atau ulangi set untuk membuat sesi latihan pribadimu. 

Sehingga kamu dapat step up ke intensitas yang diinginkan dan menyusun sesi latihan yang unik, beda, namun tetap sesuai kebutuhan dalam menjaga kebugaran tubuh secara optimal.

Kini, kamu sudah siap lari dengan Galaxy Watch5. Berkat kemampuan Galaxy Watch5 dalam mengukur VO2 Max (kadar oksigen maksimum yang digunakan tubuh saat olahraga) secara real-time, kamu akan tahu sejauh mana kamu bisa memacu diri saat berlari.

Setelah berlari pun, fitur Sweat Loss akan memberi rekomendasi konsumsi air untuk menggantikan jumlah cairan tubuh yang hilang saar olahraga. Jadi, kamu bisa istirahat dan memulihkan tubuh dengan lebih baik.

Setelah lari, kamu bisa menggunakan fitur Running Analysis di aplikasi Samsung Health untuk melihat performa badan saat berlari. 

Running Analysis terdiri dari matriks seperti Asymmetry (keseimbangan saat kaki menapak), Contact Time (seberapa sering kaki menapak), Flight Time (seberapa lama kaki mengayun di udara), Regularity (konsistensi pergerakan tubuh), Vertical (sikap tubuh saat berlari), dan Stiffness (kemampuan tubuh dalam bergerak). Akan ada penilaian dari masing-masing matriks untuk memberi tahu apa saja aspek yang sudah bagus dan mana yang harus diperbaiki.

Dengan begitu, kamu bisa memiliki body form yang lebih baik untuk rutinitas lari yang lebih maksimal.

Bersepeda ke mana pun dengan lebih nyaman bareng Galaxy Watch5 Pro

Selain lari, bersepeda juga jadi olahraga simple yang bisa kamu lakukan untuk menjadi versi terbaik dari diri kamu.

Bersepeda dinilai dapat mengurangi risiko berbagai penyakit serius, meningkatkan koordinasi tubuh, hingga membantu memperpanjang usia. Tertarik bersepeda? Kamu bisa pakai Galaxy Watch5 Pro untuk menunjang kegiatan bersepeda dan gowes dengan lebih maksimal.

Dengan Galaxy Watch5 Pro, kamu bisa gowes sesuai rute dengan nyaman pakai Turn by Turn Navigation yang memberi arahan lewat suara atau getaran untuk membuatnya stay on track.

Baca juga: Samsung Galaxy Ecosytem adalah Ekosistem Android Terbaik Saat Ini

Jadi, tidak perlu bolak-balik cek smartwatch untuk memastikan arah sehingga pengguna bisa lebih fokus pada jalanan dan kondisi di sekitarnya untuk kegiatan bersepeda yang lebih aman. Rasakan juga kenyamanan menyusuri ulang jalur yang dilalui saat berangkat dengan fitur Track back untuk pulang dengan lebih lancar.

Begini caranya mengaktifkan Turn by Turn Navigation:

  1. Ketuk “Exercise” di Watch5 kamu, pilih “Cycling”, lalu ketuk “Setting”.
  2. Pilih “Target” lalu scroll kebawah,  ketuk “Route” dan nyalakan.
  3. Temukan rute pilihanmu dari aplikasi Samsung Health mobile app dan mulai latihanmu. Kamu dapat menggunakan file GPX dari olahraga sebelumnya maupun file GPX yang disediakan pihak lain.
  4. Turn-by-Turn Directions akan memandu kamu sepanjang latihan dengan peringatan getaran dan suara. Periksa progress latihanmu dengan kode warna yang gampang dibaca: garis biru = rute yang direncanakan, panah hijau = lokasi, garis hijau = rute jalan, area abu-abu= rincian belokan berikutnya.

Selain itu, gowes bareng Galaxy Watch5 Pro akan terasa lebih nyaman karena baterainya bisa tahan lebih dari dua hari. Galaxy Watch5 Pro yang tangguh ini bikin kita lebih tenang saat berolahraga jika terjadi hal di luar kendali.

Berkat casing titanium yang kokoh, layar Sapphire Crystal Glass premium, dan ketahanan air IP68, Galaxy Watch5 Pro punya durability terbaik, mulai dari tahan goresan jika kena part sepeda yang keras hingga tahan air saat hujan.

Yuk mulai kebiasaan sehat dan jadi versi terbaik dengan olahraga dan gaya hidup yang lebih baik bareng Galaxy Watch5 Series yang sudah bisa langsung kamu miliki di toko daring dan toko retail terdekat.




Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini