Gadget

Samsung Perluas Fitur Tambahan RAM ke Ponsel Menengah dan Flagship

  • 07 October 2021
  • Bagikan :

    Foto: Samsung Galaxy A52s 5G/Dok. Samsung

    Uzone.id - Fitur RAM Plus merupakan fitur yang bisa memperluas jumlah memori RAM dengan menggunakan penyimpanan internal sebesar 4GB sebagai memori virtual. Fitur ini mirip dengan kinerja Windows saat mengalokasikan sejumlah penyimpanan disk untuk digunakan sebagai RAM virtual saat memori RAM yang aslinya habis.

    Fitur ekstra RAM ini ternyata diam-diam ada di ponsel Galaxy A52s 5G. RAM Plus ini masuk dalam pembaruan software Galaxy A52 5G yang hadir baru-baru ini.

    Baca juga: Perilisan S22 Ditunda, Samsung Bakal Luncurkan Galaxy S21 FE Awal 2022?

    Diketahui dalam pembaruan terbarunya, Galaxy Z Fold 3 dengan RAM 12GB nya juga mendapatkan fitur ini sekarang, padahal pada awalnya fitur ini tidak diperkenalkan.

    Mengutip dari SamMobile, Kamis (07/10/2021), fitur RAM Plus ini diperkirakan juga akan hadir ke lebih banyak perangkat Galaxy lainnya, termasuk pada ponsel kelas menengah dan ponsel-ponsel flagship seperti jajaran Galaxy S21. 

    Sebelumnya, Android 12 dan Beta UI 4.0 pada jajaran Galaxy S21 tidak menyertakan fitur RAM Plus, namun fitur ini kemungkinan akan hadir pada pembaruan yang akan datang.

    Baca juga: Pakai HarmonyOS 2, Huawei MatePad 11 Bisa Akses PeduliLindungi

    Ukuran dari RAM Plus ini tidak dapat di custom sesuai dengan keinginan pengguna, Samsung hanya menyediakan memori virtual sebesar 4GB pada fitur ini. Tidak ada opsi untuk mengubah maupun untuk mematikan fungsionalitasnya.

    Bagi kalian yang ingin memeriksa apakah ponsel kalian kebagian fitur ini atau tidak, kalian bisa memeriksanya dengan cara berikut:

    Buka aplikasi Pengaturan/Settings pada perangkat Samsung kalian, kemudian masuk ke menu Battery and device care, lalu klik menu Memory