Digilife

Selain Maaf, Ini Curhatan Zuckerberg Soal Instagram dkk Down 6 Jam

  • 06 October 2021
  • Bagikan :

    Foto: dok. ABCNews

    Uzone.id -- Ada alasan kenapa sesaat setelah layanan Facebook, Instagram, WhatsApp, hingga Messenger lumpuh pada Senin malam (4/10) sampai Selasa subuh (5/10) langsung bermunculan meme tentang Mark Zuckerberg. Jelas karena ia adalah bos dari segala bos Facebook Inc. yang akan siap meminta maaf jika ada kejadian kurang enak seperti ini.

    Benar saja. Selang enam jam setelah Facebook, Instagram, dan WhatsApp padam, Zuckerberg mengumumkan kalau layanan populernya itu sudah pulih kembali, lengkap dengan permintaan maafnya seperti biasa.

    “Mohon maaf untuk gangguannya, saya tahu betul seberapa bergantungnya kalian semua terhadap layanan kami agar terhubung terus dengan orang-orang terkasih,” tulisnya di laman Facebooknya pada Selasa (5/10).

    Bagi kalian yang merasa ucapan Zuckerberg tersebut sudah seperti template, alias seperti karakter Mpok Minah dari sitkom ‘Bajaj Bajuri’ yang hobinya minta maaf terus, paling tidak agak terhibur dengan curhatan selanjutnya dari sang pendiri Facebook itu.

    Baca juga: Facebook, WhatsApp dan Instagram Tumbang 6 Jam, Apa Penyebabnya?

    Zuckerberg kembali mempublikasikan curahan hatinya mengenai tumbangnya Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

    “Halo semuanya, luar biasa pekan ini. Saya ingin membagikan pemikiran saya dengan kalian semua. Pertama, kejadian kemarin itu adalah pemadaman terparah yang pernah kami alami selama bertahun-tahun,” tulis Zuckerberg pada Rabu (6/10).

    Ia melanjutkan, “kami menghabiskan 24 jam terakhir untuk berdialog tentang bagaimana cara memperkuat sistem kami jika ada gangguan atau kegagalan teknis seperti ini. Kejadian kemarin juga menjadi pengingat betapa pentingnya layanan dan kerja keras kami bagi masyarakat.”

    Menurut suami dari Priscilla Chan ini, tumbangnya WhatsApp, Instagram, dan Facebook selama enam jam bukan persoalan betapa besar kerugian perusahaan.

    “Perhatian mendalam dari matinya layanan kami ini bukan tentang seberapa banyak orang berpindah ke layanan pesaing kami, atau seberapa banyak kerugian secara finansial, namun tentang arti dari layanan kami sebagai platform yang diandalkan orang-orang untuk berkomunikasi, menjalankan bisnis, atau mendukung komunitas,” tutur Zuckerberg.

    Baca juga: Dampak WhatsApp Down, Telegram dan Signal Kecipratan Jutaan Pengguna

    Minimal, Zuckerberg masih menyempatkan waktu untuk menjabarkan bahwa betapa sadarnya dirinya mengenai peran penting Instagram, Facebook, dan WhatsApp dalam kehidupan sehari-hari. Meski tetap saja miris, tiga layanan besar yang dipakai orang setiap hari, sekalinya ada yang tumbang, sangat mungkin padam semuanya dalam waktu bersamaan.

    Dan tentu Zuckerberg juga sudah baca banyak berita yang membahas pengaruh dari padamnya WhatsApp, yakni jadi berkah buat pesaingnya, Telegram.

    Pendiri dan CEO Telegram Pavel Durov mengatakan bahwa aplikasi pesan instannya bertambah 70 juta pengguna sejak layanan WhatsApp mati sesaat.

    Menurut laporan Sensor Tower, Telegram juga naik pesat ke peringkat atas peringkat aplikasi paling banyak diunduh di iPhone kawasan Amerika Serikat.

    Lonjakan ini pun dialami oleh Signal yang kedatangan jutaan pengguna baru akibat gangguan pada Facebook dan aplikasi-aplikasinya.

    Zuckerberg paling tidak bisa tersenyum lah ya, bahwa di balik kejadian ‘nahas’ ini, ada berkah untuk pelaku bisnis lain: kecipratan jutaan pengguna baru.