icon-category Digilife

Selamat Datang Platform Meta, Begini Cara Bikin Akunnya

  • 29 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Perusahaan induk Facebook, Meta resmi meluncurkan sistem login baru untuk para pemilik headset VR Oculus Quest. Tandanya, para pengguna Quest sudah tidak perlu menggunakan Facebook untuk mengakses headset ini.

    Pembaruan sistem login melalui platform Meta bakal dirilis secara bertahap untuk seluruh pengguna global.

    Ketika pengguna sudah membuat akun Meta, nantinya mereka bisa berselancar di metaverse Horizon Worlds dan masuk ke produk Meta VR serta mengelola aplikasi yang sudah dibeli tanpa login ke akun Facebook lagi.

    Perusahaan mengumumkan bahwa sistem baru ini menjadi titik balik saat bulan lalu sempat melakukan keputusan yang kontroversial untuk meminta login Facebook agar terus menggunakan headset Oculus.

    BACA JUGA: Diejek Mirip Teletubbies, Zuckerberg Janji Permak Avatar Metaversenya

    “Pembaruan akan diluncurkan secara bertahap, jadi jika kalian tidak memiliki opsi untuk membuat akun Meta dan profil Meta Horizon, maka kalian akan segera mendapat pembaruan,” kata perusahaan yang dikutip dari Engadget.

    Meta turut menambahkan, jika headset yang dimiliki saat ini masih terikat dengan akun Oculus, maka pengguna harus mendaftar lagi untuk akun Meta agar dapat terus digunakan di perangkat VR setelah 1 Januari 2023 mendatang.

    Meskipun ke depannya tidak akan memerlukan akun Facebook atau Instagram lagi, tetapi pengguna masih dapat menggunakan layanan tersebut untuk membuat akun Meta.

    BACA JUGA: Meta Kepincut Upgrade Wikipedia Pakai Teknologi AI

    Sebaliknya, jika telah menautkan perangkat VR ke Facebook, maka pengguna bisa menghapus profil Facebook tersebut dari akun baru Meta dan menggunakan email sebagai gantinya.

    Setelah membuat akun, pengguna juga perlu membuat profil Meta Horizon dan username unik di dalam metaverse tersebut.

    Cara membuat akun Meta

    Jika ini merupakan kali pertama masuk ke dunia VR, maka kalian bisa menggunakan akun Facebook, Instagram, atau alamat email untuk membuat akun Meta.

    Namun, jika saat ini kalian menggunakan akun Facebook/Oculus untuk masuk perangkat VR, maka kalian bisa mengaturnya nanti dengan alamat email ketika akun Meta sudah dibuat.

    Ketika mendaftar dengan alamat email, kalian akan diminta memasukkan beberapa informasi tambahan seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan usia untuk memastikan kalian mendapat pengalaman sesuai dengan kelompok usia yang tepat.

    Hal ini juga berhubungan dengan salah satu syarat menggunakan perangkat Meta Quest, yakni minimal usia 13 tahun ke atas.

    Sementara, jika kalian mendaftar menggunakan akun Facebook/Instagram, akun Meta kalian secara otomatis akan ditambahkan ke pusat akun yang sama dengan akun Facebook/Instagram tersebut.

    BACA JUGA: Cara Facebook biar Gak Jadi Sarang Boomer

    Penambahan ini berfungsi agar akun Meta bisa memiliki akses ke pengalaman di akun kalian sebelumnya, seperti menyarankan teman untuk diikuti, serta fitur dan konten yang sudah dipersonalisasi.

    Setelah berhasil mendaftar, langkah selanjutnya adalah mengatur profil Meta Horizon. Profil Meta Horizon ini adalah profil sosial kita di VR. Di sana, kalian bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat profil, koneksi, dan informasi lainnya.

    Kalian juga bisa memilih nama pengguna dan gambar profil yang unik – ini semua bisa kalian ubah sewaktu-waktu.

    Untuk fitur pertemanan/followers, teman di Oculus kalian akan secara otomatis menjadi follower di Meta Horizon. kalian juga akan secara langsung menjadi follower mereka.

    Namun, kalian memiliki opsi untuk berhenti mengikuti atau menghapus follower kapan saja. Akses pengaturan ini bisa kamu lakukan di aplikasi seluler Quest.

    Gimana? Tertarik bikin akun Meta?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini