icon-category Gadget

Sensasi Ngecas Singkat di Realme GT Neo 3

Realme GT Neo 3 (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Tahun ini vendor ponsel bukan cuma bagus-bagusan desain maupun kamera saja, tapi adu cepat teknologi fast charging yang diusungnya. Realme contohnya, pabrikan asal China itu membawa seri GT Neo 3 dengan teknologi fast charging 150W!

Ngecas dengan kecepatan 67W atau 120W saja sudah bikin takjub, karena dapat mengisi baterai sampai penuh kurang dari 40 menit saja (tergantung kapasitas baterai). Terus, bagaimana dengan fast charging 150W besutan Realme GT Neo 3?

Adapun Realme sebenarnya memberikan adaptor charger 160W dalam paket pembelian. Ukurannya begitu besar, bahkan lumayan berat mirip seperti charger laptop masa kini.

Port-nya sendiri berjenis USB-C to USB-C, begitu juga dengan kabel yang turut disertakan dalam boks yang dibeli konsumen. 

Menariknya, adaptor ini mendukung Power Delivery 3.0, sehingga dapat digunakan untuk ngecas laptop hingga output 45W. Jadi buat kalian yang punya laptop dengan dukungan PD 3.0 juga, gak usah repot bawa charger banyak-banyak.

Tim Uzone.id telah menjajal langsung kecepatan teknologi ngecas 150W dari ponsel terbaru Realme ini. Untuk mencobanya, kami sengaja menghabiskan baterai sampai benar-benar habis, kemudian mengisinya hingga penuh.

Baca juga: Review Realme GT Neo 3 

Dicatat menggunakan aplikasi Battery Log, proses pengisian baterai 4.500 mAh dari 0 persen sampai 100 persen membutuhkan waktu hanya 16 menit saja. 

Tiap 1 menit, baterai terisi 10 persen. Kecepatan tersebut stabil sampai baterai mencapai kapasitas 50 persen. Selanjutnya, kecepatan diturunkan agar suhu baterai dan ponsel tak terlalu panas.

Tentu ini adalah kecepatan yang luar biasa. Bahkan jauh lebih cepat ketimbang 120W milik Xiaomi sampai 65W SuperVOOC buatan Oppo. 

Fast Charging 150W Dijamin Aman

 

Bisa saja kalian merasa kalau semakin besar output charging yang diberikan, maka semakin besar pula potensi kerusakan yang terjadi. Itu memang benar, tapi kemungkinan terjadi hal yang tak diinginkan semakin kecil apabila vendor berhasil membuat sistem pengamanan yang bagus.

Realme memberikan banyak lapisan keamanan charging, bahkan sudah diakui dan diuji langsung oleh TUV Rheinland. Total ada 38 lapisan perlindungan keselamatan yang telah disertifikasi TUV Rheinland.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50 5G

Ada sejumlah teknologi pengamanan lainnya yang disediakan. Teknologi Dual Charge Pump Parallel Architecture yang mampu meningkatkan tingkat konversi pengisian hingga 98,5% sekaligus meredam panas yang dihasilkan.

Kemudian ada teknologi Battery Sense Voltmeter yang secara akurat mampu mendeteksi voltase sel baterai, serta menyesuaikan pengisian daya yang tepat selama proses charging.

Lalu Smart MCU Current Control yang secara otomatis memutuskan arus listrik saat terdeteksi keadaan darurat, seperti overheat, arus yang tidak stabil dan sebagainya.

Pengisian baterai dalam waktu yang singkat juga biasanya dapat mengurangi masa pakai baterai. Kendati begitu, Realme menjanjikan kesehatan baterai 80% setelah 1.600 siklus pengisian daya, yang terdengar cukup mengesankan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini