home ×
Digilife

Setelah Brazil, Transfer Uang Pakai WhatsApp Hadir di Indonesia?

16 June 2020 By
Setelah Brazil, Transfer Uang Pakai WhatsApp Hadir di Indonesia?
Share
Share
Share

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Brazil menjadi negara pertama yang mengadopsi Facebook Pay, sebagai alat pembayaran digital melalui aplikasi pesan instan, WhatsApp. Setelah itu, mungkin giliran Indonesia.

Fakta pertama, mengapa setelah Brazil, bisa jadi Indonesia, sebab dii bulan Januari, CEO Facebook Mark Zuckerberg telah mengkonfirmasi bahwa  pembayaran menggunakan WhatsApp akan diluncurkan pada tahun 2020, dimulai dengan negara-negara yang menjadi basis kuat pengguna WhatsApp.

Mark Zuckerberg


“Fungsi alat pembayaran, kami fokus di tempat yang berbeda dengan produk yang berbeda. Untuk hal-hal seperti Instagram, dan bahkan banyak hal yang kami lakukan di Facebook, lebih banyak negara maju. Sementara untuk WhatsApp, negara terbesar di WhatsApp" , Kata Zuckerberg pada saat itu, seperti dikutip dari ZDnet, Selasa (16/6).

“Negara-negara besar pengguna WhatsApp, diantaranya adalah India, Meksiko, Brazil dan Indonesia, yang akan menjadi bagian besar dari komunitas di WhatsApp,” tambah Zuck.

Baca juga: Kirim Uang Sudah Bisa di WhatsApp

Fakta kuat kenapa Indonesia menjadi negara selanjutnya yang memungkinkan untuk mengirim dan menerima uang melalui WhatsApp adalah Facebook baru saja menaruh investasi di Gojek.

Apa hubungannya?

Menurut rilis yang disebar melalui media beberapa waktu lalu, alasan Facebook berinvestasi pertama kalinya di Indonesia melalui Gojek, karena Facebook ingin menciptakan peluang bagi dunia bisnis di Indonesia, termasuk melalui layanan instant
messaging yang sudah digunakan secara luas yakni Whatsapp.

Baca juga: Facebook Taruh Duit di Gojek


“Gojek, WhatsApp, dan Facebook adalah layanan yang penting di Indonesia. Melalui kerja sama, kita bisa membantu jutaan UMKM dan pelanggannya untuk bergabung di komunitas ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” tukas Matt Idema, Chief Operating Officer, Whatsapp.

Alasan lain fitur tambahan pembayaran digital bakal hadir di pengguna WhatsApp di Indonesia, adanya rumor yang beredar soal Facebook  mengajukan izin ke Bank Indonesia untuk meluncurkan sistem pembayaran digital, Facebook Pay di Indonesia.

Dikutip melalui Kompas.com, seorang juru bicara Facebook ketika dikonfirmasi tentang kehadiran Facebook Pay di Indonesia, mengatakan bahwa pihaknya memang tengah membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk menghadirkan Facebook Pay di Indonesia.

Dengan runutan pernyataan dan fakta itu, bukan tidak mungkin Facebook Pay melalui WhatsApp tinggal menunggu waktu saja.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Hansen Austin 16 June 2020 | 11:44:40

sangat menarik sekali alat pembayaran ini

oki puntoro 16 June 2020 | 08:02:48

di brazil udah bisa transfer uang lewat wa toh

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id