icon-category Gadget

Snapdragon 6 Gen 1 & 4 Gen 1 Bikin Ponsel Menengah Gak 'Kentang' Lagi

Uzone.id - Sesuai prediksi, Qualcomm akhirnya mengumumkan dua prosesor kelas menengah dan low-end dengan penamaan yang baru, yakni Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1. 

Kedua prosesor ini sudah mendapatkan modem 5G yang terintegrasi, sehingga membuat smartphone 5G ke depannya bakal semakin murah. 

Baik Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 telah mendukung sensor kamera sampai 108MP, kemampuan gaming yang mulus dan teknologi AI (artificial intelligence) yang lebih canggih.

“Snapdragon 6 dan Snapdragon 4 memberikan peningkatan di seri masing-masing untuk menghadirkan kecanggihan dalam pengambilan gambar, konektivitas, hiburan, dan AI. Mobile platform baru ini membantu pelanggan kami untuk memberikan solusi canggih bagi pengguna,” ungkap Deepu John, Senior Director Product Management Qualcomm, dalam keterangan resmi kepada Uzone.id pada Rabu (7/9).

Baca juga: Snapdragon 8+ Gen 1 vs Apple A15 Bionic, Lebih Kencang Mana?

Spesifikasi Snapdragon 4 Gen 1

Kendati disuguhkan untuk kelas low-end, Snapdragon 4 Gen 1 dibangun berdasarkan fabrikasi 6nm yang menawarkan kinerja dan daya tahan baterai yang efektif. Dibandingkan generasi sebelumnya, kemampuan CPU-nya lebih baik 15 persen dan GPU yang disempurnakan hingga 10 persen.

“Memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan lancar dan menikmati hiburan secara imersif,” jelas Deepu.

Di sektor kamera, smartphone dengan prosesor Snapdragon 4 Gen 1 dimungkinkan untuk mengambil foto hingga resolusi 108MP. Kebolehan tersebut tak terlepas dari tiga ISP (image signal processor) dan Multi-frame Noise Reduction untuk menghasilkan foto yang tajam dan detail.

Turut dihadirkan sistem berbasis AI yang lebih intuitif. Berkat Qualcomm AI Engine, pengguna bisa mengaktifkan fitur always-on voice assistant di Google Assistant atau berkomunikasi dengan jelas berkat peredam gema dan suara latar. 

Baca juga: Tes Benchmark Snapdragon 8+ Gen 1 di AnTuTu, Tembus Sejuta!

Snapdragon 4 Gen 1 juga sudah dibekali dengan modem Snapdragon X51 5G yang memberikan kecepatan download sampai 2,5 Gbps dan FastConnect 6200 untuk Wi-Fi 2x2 premium dan Bluetooth generasi terbaru.

Vivo melalui sub-brand iQOO bakal mengeluarkan smartphone pertama dengan SoC (system on chip) Snapdragon 4 Gen 1. Dari rumor yang beredar, ponsel bernama iQOO Z6 Lite itu akan meluncur pada Q3-2022 mendatang.

Spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1

Snapdragon 6 Series beneran naik level kinerjanya, gak cuma ganti penamaan saja. Snapdragon 6 Gen 1 diklaim dapat menunjang aktivitas gaming para pengguna kelas menengah secara maksimal, lantaran mampu me-render grafis pada game hingga 35 persen lebih cepat.

Ponsel dengan prosesor berbasis 4nm ini dapat memainkan game berkualitas HDR dan mampu menampilkan gameplay pada frekuensi 60 FPS ke atas yang mulus. 

Sektor kamera pun ditingkatkan kemampuannya. Mengintegrasikan tiga ISP, pengguna dimungkinkan untuk mengambil foto hingga 108MP dan merekam video berkualitas HDR.

Malah, smartphone bertenaga Snapdragon 6 Gen 1 mampu mengambil gambar dari tiga kamera sekaligus dengan kecepatan gigapiksel. Deepu menyatakan, fitur ini pertama kalinya dibawa untuk Snapdragon 6 Series.

Baca juga: Daftar Smartphone Realme yang Bisa Update ke Android 13

“Snapdragon 6 memiliki fitur Qualcomm AI Engine Generasi ke-7 yang memungkinkan peningkatan kinerja AI hingga 3x lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya,” imbuh Deepu.

Modem 5G pada Snapdragon 6 Gen 1 sudah lebih canggih. Mode, Snapdragon X62 5G yang terintegrasi ini sudah mendukung 5G 3GPP Release 16 yang menyuguhkan kecepatan download sampai 2,9 Gbps. Adapun untuk konektivitas lainnya, chipset tersebut sudah mendukung 2x2 WiFi 6E, lagi-lagi pertama kalinya untuk Snapdragon 6 Series.

Motorola jadi vendor pertama yang meluncurkan smartphone dengan prosesor Snapdragon 6 Gen 1. Diharapkan, seri smartphone yang ditopang SoC ini adalah Moto G Series generasi terbaru.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini