icon-category Gadget

Spesifikasi HP Spectre x360, Rival Huawei MateBook X Pro

Uzone.id - Sesaat setelah Huawei memboyong laptop premium MateBook X Pro ke Indonesia, HP langsung membawa lawan cukup sepadan melalui seri HP Spectre x360 dengan layar 13,5 inci. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core 12th Gen, dan HP Spectre x360 13,5 inci terbaru dijual dengan harga yang lebih murah dari laptop premium besutan Huawei tersebut.

Sekadar informasi, Huawei MateBook X Pro dijual dengan harga Rp32,9 jutaan di Indonesia, sementara HP Spectre x360 13,5 inci dibanderol mulai Rp26,9 jutaan. 

HP Spectre x360 mengusung layar yang lebih mungil memang, ukurannya 13,5 inci saja dengan resolusi tinggi WUXGA+ atau 3K. Layar OLED-nya punya rasio 3:2 ini dikelilingi oleh bingkai yang terbilang tipis dan simetris, membuat daya pandang pengguna terasa luas dan maksimal.

Gak cukup, layarnya pun sudah disertifikasi VESA DisplayHDR 400 True Black, cakupan warna 100% DCI-P3, serta HP Palette 1005 Color Calibration.

Edo Jonathan Chandra selaku Market Development Manager HP Indonesia mengatakan, HP Spectre x360 terbaru menjadi laptop 13,5 inci pertama di dunia yang mengusung kamera webcam 5MP IR dan didukung oleh serangkaian fitur berbasis AI atau kecerdasan buatan.

Baca juga: Huawei MateBook X Pro Resmi di Indonesia, Segini Harganya

Fitur Auto Frame

Salah satu fitur andalan yang dibawa laptop ini adalah Auto Frame yang bisa diaktifkan melalui aplikasi HP Command Center. Seperti Huawei MateBook X Pro, fitur ini memungkinkan kamera mengikuti pergerakan pengguna, sehingga tampilan kamera tetap berpusat pada wajah pengguna.

Kendati begitu, bidang pandangnya masih terbatas. Saat pengguna melewati area yang seharusnya, kamera tak bisa mengikuti pergerakan pengguna lagi. 

Lalu ada pula fitur Appearance Filter untuk meningkatkan tone warna dan detail wajah, serta Backlight Adjustment untuk menyesuaikan cahaya di latar belakang.

Ditenagai Intel Core 12th Gen

HP Spectre x360 13,5 inci ditenagai oleh Intel Core 12th Gen U-Series, berbeda dengan Huawei MateBook X Pro yang memakai H-Series yang lebih kencang. Meski begitu, kelebihan prosesor Intel U-Series benar-benar diaplikasikan pada HP Spectre x360, termasuk daya tahan baterainya.

Edo mengklaim, laptop ini bisa bertahan hingga 16 jam pemakaian normal. Untuk laptop premium dan seringkas ini, tentu merupakan hasil yang impresif. 

Baca juga: Rekomendasi Laptop Murah untuk Mahasiswa & Anak Sekolah

Belum lagi laptop ini telah mendapatkan sertifikasi Intel Evo. Untuk memperoleh sertifikasi ini tak mudah, karena ada enam spesifikasi minimum yang mencakup prosesor, layar, daya tahan baterai, konektivitas, fitur isi ulang cepat, dan responsivitas yang harus dipenuhi.

Prosesor ini dipadukan RAM sampai 32 GB berjenis LPDDR4x serta memori penyimpanan sampai 2 TB berjenis PCIe SSD generasi terbaru.

Fitur lainnya, laptop ini mengusung dua port Thunderbolt 4.0 yang memang jadi keunggulan bawaan pada rata-rata laptop premium masa sekarang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini