icon-category Gadget

Spesifikasi Oppo Reno8 dan Reno8 Pro, Segera Masuk Indonesia?

Uzone.id - Oppo Reno8 dan Reno8 Pro melenggang resmi di pasar global. Keduanya ditenagai oleh prosesor high-end dari MediaTek. Oppo Reno8 punya spesifikasi berupa Dimensity 1300, sementara varian Pro ditenagai Dimensity 8100 yang telah dikustomisasi.

Oppo Reno8 Pro menjadi varian dengan spesifikasi tertinggi yang diboyong perusahaan asal China tersebut ke market global. Smartphone ini ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 8100-Max, prosesor yang dikustomisasi khusus.

Prosesor ini dibangun berdasarkan fabrikasi 5nm yang menawarkan performa kencang, stabil, serta hemat daya. Menjadi versi tertinggi, Oppo Reno8 Pro tak cuma mengandalkan ISP bawaan MediaTek Dimensity 8100-Max saja, tapi juga chip MariSilicon X.

Chip pencitraan yang juga terdapat pada Oppo Find X5 Pro ini mampu menangani hingga 18 TOPS dan mampu bekerja pada dynamic range 20-bit.

Baca juga: Oppo Find X5 Pro Masuk ke Indonesia

Dengan adanya chip tersebut, pengambilan gambar menggunakan kamera utama 50MP Sony IMX766, kamera ultra wide 8MP, serta kamera makro 2MP bisa menghasilkan kualitas foto dan video yang maksimal. Adapun untuk kamera depannya, menggunakan sensor Sony IMX709 32MP.

Smartphone ini mengusung layar berjenis AMOLED berukuran 6,7 inci dan beresolusi Full HD+. Layarnya sudah support refresh rate 120Hz dan HDR10+ untuk pemutaran video di Netflix dan Amazon.

Fitur lainnya, ponsel terbaru Oppo ini sudah mendukung speaker stereo dan haptic feedback berjenis X-axis Linear Motor. Oppo Reno8 Pro tersedia dalam model RAM 8 GB dan memori 256 GB yang akan dijual dengan harga 46.000 Rupee atau setara Rp8,6 jutaan.

Spesifikasi Oppo Reno8

Oppo Reno8 jadi varian dengan spesifikasi paling standar. Prosesornya berjenis MediaTek Dimensity 1300 yang dipasangkan dengan RAM 8 GB serta memori penyimpanan 256 GB. 

Ponsel ini punya konfigurasi kamera yang sama dengan Reno8 Pro. Bedanya, tak ada chip MariSilicon X pada smartphone ini.

Di bagian layar, Reno8 menggunakan panel AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Tak ada fitur HDR10+ di sini, jadi standar saja kualitasnya.

Adapun untuk baterai, kapasitasnya masih sama dengan Oppo Reno8 Pro. Baterai 4.500 mAh yang dapat diisi dengan singkat berkat SuperVOOC 80W yang dapat mengisi baterai 50 persen selama 11 menit saja. 

Soal harga, Oppo Reno8 dijual dengan harga 39.000 Rupee atau setara Rp7,3 jutaan. Oppo Reno8 Pro tersedia pada 19 Juli sementara model standar pada 25 Juli.

Baca juga: Review Realme GT Neo 3

Launching di Indonesia?

Hadirnya Oppo Reno8 dan Reno8 Pro di pasar global memperkuat dugaan kalau keduanya juga akan masuk ke Indonesia. Dua perangkat misterius dari Oppo telah muncul di situs TKDN Kementerian Perindustrian Indonesia (Kemenperin).

Tiga perangkat itu bernomor Oppo CPH2461 dan Oppo CPH2357 yang masing-masing mendapatkan nilai TKDN sebesar 35,50 persen. Keduanya diduga merupakan Oppo Reno8 dan Reno8 Pro.

Munculnya dua perangkat tersebut di situs TKDN mengindikasikan kemunculan Reno8 dan Reno8 Pro di pasar Indonesia dalam waktu dekat. Namun sampai sekarang, Oppo Indonesia masih belum memberikan keterangan lebih lanjut soal keluarga baru Reno Series ini.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini