icon-category Digilife

Spotify Optimis Podcast di Indonesia Makin Digemari Tahun Depan

  • 18 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Fath - visualbyfath/Unsplash

    Uzone.id - Kalau dulu kita familiar dengan konten audio di radio, saat ini ada konten audio lain yang juga semakin populer di Indonesia, apalagi di kalangan anak-anak muda Gen Z dan Millenial.

    Konten ini adalah podcast, konten audio kekinian yang hadir di berbagai platform digital dari yang lokal hingga platform luar. Sebut saja perusahaan besar Apple Podcast, Spotify dan yang terbaru ada NOICE dari Indonesia.

    Perkembangan podcast di Indonesia khususnya di Spotify sendiri memang menunjukkan pertumbuhan yang positif semenjak kehadirannya di tahun 2019 lalu, bahkan Indonesia masuk menjadi salah satu pasar podcast yang menjanjikan.

    Lalu, bagaimana pertumbuhan podcast di Indonesia tahun depan?

    Baca juga: Spotify Siap Racik Playlist Lagu Daerah Indonesia

    “Kami percaya market podcast siap untuk pertumbuhan yang lebih pesat di tahun 2023,” tegas Carl Zuzarte selaku Head of Studios Spotify Southeast Asia kepada Uzone.id, Kamis, (17/11).

    Carl juga menambahkan kalau satu dari empat pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast. 

    Gautam Talwar, Spotify’s General Manager untuk Asia Pacific mengatakan kalau saat ini, Indonesia masuk ke dalam 10 besar pasar podcast Spotify secara global, dan hal ini dipertegas kembali oleh Carl Zuzarte.

    “Sejak 1 November 2022, dengan senang kami mengumumkan bahwa secara global, Indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan pendengar podcast di Spotify terbanyak,” ungkapnya.

    Baca juga: Video Podcast Spotify Meluncur ke Seluruh Dunia, Termasuk Indonesia

    “Kami melihat adanya pertumbuhan konsumsi podcast di Spotify sebesar 5 kali lipat, semenjak masuk ke market pada 2019,” tambahnya.

    Secara keseluruhan hingga saat ini, Spotify memiliki 456 juta pengguna, 80 juta tracks, dan 4,7 juta judul podcast, hingga saat ini Spotify sudah ada di 183 pasar di dunia.

    Di acara yang sama, Spotify baru saja memperluas fitur Video Podcast mereka ke seluruh pengguna di Indonesia, dari yang sebelumnya hanya untuk beberapa pengguna saja.

    “Dengan Video Podcast yang tersedia di Anchor, semua orang mampu menjadi kreator di Spotify,” tutur Carl.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini