icon-category Digilife

Spotify Perluas Fitur Video Podcast, Termasuk di Indonesia

  • 17 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: All Ears, Spotify's Podcast Summit di Indonesia (Dok. Vina Insyani/Uzone.id)

    Uzone.id - Perkembangan konten podcast di Indonesia menjadi salah satu yang paling cepat di dunia. Tak heran kalau Spotify terus mengembangkan berbagai fitur agar semakin menarik banyak peminat.

    Paling baru, Spotify resmi memperluas fitur Video Podcast di Indonesia pada hari ini, Rabu, (16/11). Sebelumnya, Video Podcast ini hanya tersedia untuk beberapa podcaster saja, namun mulai saat ini semua pengguna bisa menggunakan fitur ini lewat Anchor.

    Dengan ini, seluruh kreator sudah bisa mengunggah konten podcast mereka dalam bentuk video. Begitupun dengan pengguna yang bisa menikmati fitur podcast dalam bentuk video langsung dari aplikasi Spotify.

    Baca juga: Spotify Siap Racik Playlist Lagu Daerah Indonesia

    Sebelumnya, fitur video podcast ini telah kami uji coba beberapa waktu terakhir. Di bulan Juli lalu, Spotify mulai memperkenalkan fitur ini dan menguji coba ke beberapa podcaster partner, salah satunya Mak Beti.

    Foto: Gautam Talwar, Spotify’s General Manager, Asia Pacific dalam acara Spotify Podcast Summit, Rabu, (16/11).

    “Kami melihat tanda-tanda yang cukup baik dari konten video dan juga ekosistem kreator di Indonesia,” kata Gautam Talwar, Spotify’s General Manager, Asia Pacific dalam acara Spotify Podcast Summit, Rabu, (16/11).

    Perkembangan podcast di Indonesia khususnya di Spotify sendiri terus bertumbuh semenjak kehadirannya di tahun 2019 lalu, bahkan Indonesia masuk menjadi salah satu pasar podcast yang menjanjikan.

    Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tinggal masuk ke aplikasi Spotify, lalu mulai putar podcast yang ingin didengar. Selanjutnya, perluas layar dengan dengan menekan bar yang ada di bagian bawah dan selanjutnya podcast video akan segera muncul.

    Baca juga: Gak Cuma Setop 11 Podcast, Spotify PHK 5 Persen Karyawannya

    Salah satu podcast dalam bentuk video yang sudah ada di Spotify adalah Cerita Mak Beti yang sudah memiliki 19 episode.

    Secara keseluruhan hingga saat ini, Spotify memiliki 456 juta pengguna, 80 juta tracks, dan 4,7 juta judul podcast, hingga saat ini Spotify sudah ada di 183 pasar di dunia.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini