icon-category Digilife

Spotify Siap Racik Playlist Lagu Daerah Indonesia

  • 12 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Uzone.id/Marsha Bremanda

Uzone.id – Sebagai platform streaming asing, Spotify tampaknya semakin sadar pentingnya lokalisasi agar layanannya lebih dekat dan relevan dengan pengguna, terutama di Indonesia. Demi ini, Spotify meluncurkan kampanye ‘IDentitasku’ pada 11 Oktober 2022. Apa manfaatnya?

Melalui kampanye ini, platform layanan audio tersebut akan menyediakan berbagai fitur dan program kepada pengguna di Indonesia.

Mulai dari hub Suara Dari Indonesia yang baru saja diperbarui, berkolaborasi dengan artis lokal, serta bekerja sama dengan program pencarian bakat guna memfasilitasi penemuan beragam jenis musik dari berbagai daerah di Indonesia.

“Selama bertahun-tahun, kami telah menyaksikan bagaimana musik, kisah, dan cerita, serta perasaan saling terhubung merupakan bagian intrinsik dari identitas Indonesia. Kami hadir untuk mendukung hal tersebut,” ujar perwakilan Spotify, Cassandra Aprilanda dalam acara peluncuran kampanye ‘IDentitasku’ yang digelar di Jakarta, Selasa (11/10).

Baca juga: Gak Cuma Setop 11 Podcast, Spotify PHK 5 Persen Karyawannya

Cassandra berharap dengan dibuatnya kampanye ini, para pengguna, artis, dan kreator dapat mengekspresikan diri mereka secara kreatif di Spotify, baik itu dalam menciptakan musik dan podcast, atau sekadar menemukan konten yang disukai.

“Melalui inisiatif IDentitasku yang mencakup pengembangan katalog konten lokal, kami ingin semua pendengar di Indonesia dapat menemukan dan mengekspresikan identitas mereka di Spotify. Di mana pun mereka berada, mereka bisa datang ke Spotify dan merayakan identitas serta asal-usul mereka,” imbuhnya.

Jelajah konten lokal lewat Suara Dari Indonesia

Hub Suara Dari Indonesia sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendalami koleksi konten-konten audio lokal Spotify yang lengkap dari seluruh Indonesia.

Hanya dengan mencari kata kunci “Suara dari Indonesia” di Spotify, pendengar bisa langsung menemukan hub dengan deretan playlist yang sudah dikurasi secara khusus berdasarkan wilayah dan provinsi di Indonesia. Mulai dari Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Masing-masing playlist yang ditampilkan merupakan lagu-lagu yang dibawakan oleh artis atau penyanyi lokal dari daerah tersebut.

Dalam peluncuran kampanye ‘IDentitasku’, Spotify turut menggandeng enam artis lokal Indonesia seperti Yura Yunita, Stevan Pasaribu, Ndarboy Genk, Woro Widowati, Hindia, dan Sal Priadi untuk mendukung pelaksanaan kampanye tersebut.

Dari kolaborasi ini Spotify turut merilis konten promosi Musik Indonesia, yang juga akan tersedia di media sosial Spotify dan billboard di seluruh negeri.

Baca juga: Ada Fitur Baru untuk Pengguna Spotify Premium, yang Gratisan Minggir Dulu!

Dalam kesempatan yang sama, Yura Yunita turut mengapresiasi adanya peluncuran kampanye “IDentitasku” ini.

“Bagi aku, budaya Jawa Barat, khususnya Sunda, selalu menjadi sumber inspirasi dalam berkarya. Aku juga sangat menghargai kepercayaan yang diberikan oleh Spotify kepadaku sebagai salah satu ‘IDentitasku Stars’. Dengan hadirnya kampanye ini, aku yakin para pendengar akan menemukan identitas mereka dan menemukan rumah mereka di Spotify. Inilah kami, inilah IDentitasku,” ujarnya.

Sebagai bagian dari komitmennya dalam mendukung musisi lokal berbakat di seluruh Indonesia, Spotify juga berkolaborasi dengan mitra lokal untuk acara pencarian bakat yang dijadwalkan akan tayang tahun ini.

“Selain menjadi ‘rumah’ bagi para pendengar kami untuk mendengarkan hal-hal yang mereka sukai kami juga ingin menjadi tempat bagi para musisi lokal agar bisa memperkenalkan karya mereka kepada khalayak luas,” pungkas Cassandra.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini