icon-category Auto

Sukses di Mobil Listrik, BYD Kepincut Masuk Pasar Motor Listrik?

  • 01 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - BYD menjadi pabrikan mobil listrik yang sukses menjadi pemimpin pasar secara global. Kini merek mobil listrik yang sudah mengalahkan Tesla itu dikabarkan mulai merambah ke pasar motor listrik.

Pabrikan mobil asal China itu menyuplai baterai untuk motor listrik asal Singapura. Hal ini dilakukan BYD sekaligus meningkatkan investasi, penelitian, serta pengembangan untuk baterai khusus motor listrik.

Untuk menyukseskan lini bisnisnya, BYD menjalin kontrak dengan merek motor Scorpio Electric pada Juli 2023 kemarin.

Dilansir dari Carnewschina, hasil dari kerjasama itu akan hadir lewat skuter listrik bernama X1 di Shenzhen, China. Jika BYD sudah memiliki motor listriknya sendiri, hal ini tentu memperluas jangkauan mereka di industri kendaraan listrik.

Sayangnya masih belum bisa diketahui spesifikasi dari motor listrik BYD, baik secara teknologi, baterai, penggerak listrik, daya tempuh, dan performanya.

Namun perluasan bisnis BYD ke motor listrik bukan tanpa sebab, pasalnya pasar motor listrik dalam skala global sedang berkembang. Hal inilah yang membuat BYD ingin mengambil bagian dalam pertumbuhan tersebut.

BYD menilai, sepeda motor listrik global diprediksi akan tumbuh pesat dalam beberapa tahun ke depan.

BYD juga dikenal memiliki pengalaman besar dalam baterai kendaraan listrik, merek yang satu ini juga memiliki kemamuan manufaktur yang kuat dan dapat memproduksi motor listrik secara massal. Dengan bekal tersebut, tampaknya BYD juga ingin menjadi pemimpin di pasar motor listrik.

Jika BYD akan memiliki motor listriknya sendiri, terdapat beberapa kemungkinan. Pertama masuknya BYD ke pasar motor listrik akan meningkatkan persaingan pasar.

Kedua persaingan yang lebih ketat akan mendorong inovasi yang lebih cepat, terutama dari segi teknologi. Ketiga dengan peningkatan produksi dan persaingan akan berpengaruh terhadap harga motor listrik yang kompetitif.

Hingga berita ini ditulis, pihak BYD Indonesia enggan memberikan tanggapan saat dihubungi oleh Uzone.id.

Jika di industri mobil listrik saja, BYD mampu menghadirkan mobil listrik berkualitas dengan harga kompetitif, kira-kira bagaimana jika merek China yang satu ini masuk ke pasar motor listrik, ya?

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini