icon-category Auto

Suzuki Belum Berencana Produksi Jimny 5 Pintu di Indonesia

  • 07 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Suzuki Jimny 5 pintu langsung mendapatkan respon yang baik saat diluncurkan di Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya pemesanan mobil ikonik itu yang membuat indennya mengular cukup panjang.

Meskipun peminatnya cukup banyak, namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku pemegang merek Suzuki di Indonesia belum berencana untuk memproduksi lokal Jimny 5 pintu. Untuk diketahui, Suzuki Jimny 5 pintu berstatus impor utuh atau CBU dari India

"Memang kalau bicara sampai ke local production - ini kita bicara umum ya tidak hanya Jimny, itu ada minimum quantity yang harus dipenuhi juga. Dimana kondisi sekarang itu masih belum masuk. Tapi kita lihat terus sih, animo masyarakat seberapa jauh," ujar Joshi, Dept. Head startegic Planning PT SIS, saat ditemui di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Semua kembali ke hitungan ekonomi. Karena kalau quantity kurang biayanya juga jadi mahal. Itu berpengaruh langsung ke harga," lanjutnya.

alt-img

Menurut Ei Mochizuki selaku Asst. To Strategic Planning Dept Head PT SIS, meskipun Jimny menggunakan jenis mesin yang sama dengan Ertiga yakni K15B, namun terdapat perbedaan dari segi penggerak dan transmisi.

Perbedaan tersebut yang membuat PT SIS harus menambah investasi agar dapat memproduksi Jimny di dalam negeri.

"Jimny sasisnya jauh berbeda degan Ertiga dan XL7. Berarti kalau Jimny diproduksi di lokal, kita harus membangun pabrik yang lain. Berarti investasinya besar sekali. Kita juga mempertimbangkan, komunikasi dengan prinsipal kami," ucap Mochizuki.

"Mesin tipenya memang sama. Tapi bentuknya beda. Karena rear drive ya, Ertiga XL7 front drive. Kalau lihat engine bentuknya beda. Karena rear drive berarti ada propeller shaft. Bentuk engine beda, transmisi juga beda," sebut Mochizuki.

Secara spesifikasi, Suzuki Jimny 5 pintu dan 3 pintu memiliki kesamaan. Namun dari segi dimensi, Jimny 5 pintu memiliki bentuk lebih panjang yakni mencapai 3.965 mm. Sedangkan dari segi lebar dan tingginya yang mencapai 1.645 mm dan 1.720 mm masih sama dengan Jimny 3 pintu.

Selain dimensi panjangnya, secara wheelbase varian 5 pintu juga lebih panjang yakni 2.590 mm.

Sebagai tambahan informasi, Suzuki Jimny 5 pintu diimpor langsung dari India. Berbeda dari versi 3 pintu yang diimpor langsung dari Jepang.

Seperti diketahui, Suzuki Jimny 5 pintu dijual di Indonesia dengan dua varian yakni single tone dan dual tone. 

Pada varian single tone manual dijual seharga Rp 462 juta dan Rp475,6 juta untuk matic, sementara varian dual tone manual dijual seharga Rp465 juta dan Rp578,6 juta untuk transmisi maticnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini