icon-category Auto

Suzuki Fronx, Baleno Versi Crossover Pesaing Raize-Rocky

Suzuki Fronx (Foto: Cartoq)

Uzone.id - Bukan cuma Suzuki Jimny dengan 5 pintu saja yang jadi andalan Maruti Suzuki di gelaran Auto Expo yang diadakan di New Delhi, India. Suzuki pun merilis model crossover terbaru dengan nama Fronx yang mengusung tampilan lebih gagah.

Suzuki Fronx diposisikan di atas hatchback Baleno dan SUV kompak Brezza, namun tetap berada di bawah Grand Vitara. Kendati menjadi varian penengah, Fronx dibangun menggunakan basis dari Baleno keluaran terbaru.

Ciri khas Baleno begitu terlihat dari bagian atas, kaca samping dan underfloor panel. Untuk mempertegas posisinya sebagai SUV crossover yang gagah, Fronx pun mengambil sedikit desain dari Suzuki Grand Vitara yang baru.

Bagian fascia depan misalnya, dibuat mirip seperti SUV top line dari Suzuki tersebut. Kemudian Grill depan, DRL dan lampu utamanya juga memberikan kesan gahar dan modern, layaknya mobil SUV terkini.

Baca juga: Akhirnya! Suzuki Luncurkan Jimny 5 Pintu, Kapan ke Indonesia?

Kesan crossover yang gagah juga diperlihatkan melalui desain over fender berwarna hitam di bagian depan, bumper depan, side skirt, sampai ke belakang. Kesan ini diperkuat juga lewat velg 17 inci dengan desain yang baru, ground clearance yang terlihat lebih tinggi dan adanya roof rails.

Interior Suzuki Fronx kelihatan seperti Baleno terbaru. Perbedaan paling kentara terletak pada kombinasi warna di dashboard, dimana Fronx dominan warna gelap dengan aksen silver yang kelihatan elegan. 

Berbicara soal fitur, mobil ini memiliki head unit berukuran 9 inci dengan dukungan sistem SmartPlay, tambahan opsi konektivitas ke Android Auto dan Apple CarPlay, AC digital yang otomatis, wireless charging, keyless entry dengan tombol Start/Stop, hingga cruise control.

Sementara untuk fitur keamanannya, di tipe tertinggi terdapat 6 titik airbag, Hill Hold Control, ESP atau Electronic Stability Program, reverse parking sensors dengan bantuan kamera 360, dan sistem pengereman yang sudah ABS dan EBD.

Mengutip dari Auto Car India, Suzuki Fronx ditawarkan dengan dua pilihan mesin dengan penggerak roda depan atau FQD, yaitu Boosterjet 1.0 liter dan K-Series 1.2 liter. Boosterjet 1.0 liter merupakan mesin bensin dengan turbo yang bisa menyemburkan tenaga sampai 100 hp dan torsi 147,6 Nm.

Model Boosterjet 1.0 liter hadir dengan dua tipe transmisi, manual 5 percepatan atau matic 6 percepatan dengan paddle shifter

BACA JUGA: Test Drive Chery Tiggo 8 Pro, Superpower First Class!

Sementara untuk K-Series 1.2 liter, keluaran tenaganya mencapai 90 hp dengan torsi 113 Nm. Model ini juga tersedia dalam dua tipe transmisi, manual 5 percepatan dan matic 5 percepatan. 

Rencananya, Maruti Suzuki akan menjual Fronx pada April tahun ini. Suzuki Fronx dipersiapkan untuk menjadi rival bagi Hyundai Venue, Kia Sonet, sampai Tata Nexon. Kalau saja Suzuki Fronx masuk ke Indonesia, maka mobil ini akan berhadapan langsung dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini