icon-category Digilife

Tampilan YouTube Berubah, Video Gak Campur Aduk Lagi

  • 30 Oct 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Nonton YouTube gak akan kebingungan lagi dengan tampilannya yang campur aduk antar tab. Setidaknya itu yang dirasakan pengguna ketika YouTube memutuskan untuk membedakan tab Shorts, Live Stream, dan video regular.

Melalui postingannya, perusahaan mengatakan bahwa perubahan ini didasarkan pada umpan balik pengguna. Mereka mengeluhkan tampilan video di YouTube yang saling tercampur antara tab satu dengan yang lain. Oleh karenanya, perusahaan pun merespon dengan membuat tampilan baru khusus tab tersebut.

“Berdasarkan masukan Anda, kami mulai meluncurkan tab terpisah untuk Shorts, Live Stream, dan video regular di semua halaman saluran,” tulis tim YouTube, Meaghan dalam situs support Google.

Perusahaan mengklaim bahwa perubahan ini akan memudahkan pengguna untuk menemukan jenis konten yang paling mereka minati, terutama ketika menjelajahi halaman dari kanal kreator konten tanpa harus terganggu dengan konten lainnya.

Baca juga: YouTube Tambahkan Fitur dan Desain Baru untuk Mobile

Sebelumnya, jika pengguna membuka saluran video salah satu creator, maka akan terlihat tab berlabel ‘video’ yang menunjukkan semua unggahan videonya, mulai dari video Shorts, Live Streaming, atau regular. 

Meski memang tersedia opsi filter untuk mengubah format tampilan, tetapi pengguna harus menyetel ulang filter tersebut setiap kali meninggalkan halaman. Dan itu dirasa sangat merepotkan.

Tampilan video yang masih bercampur

Dengan adanya perubahan ini, pengguna akan melihat video sesuai dengan tab-nya masing-masing tanpa khawatir akan tercampur konten lain. Di tab Shorts misalnya, yang akan ditampilkan hanya video pendek karya kreator YouTube.

Begitu juga dengan Live Stream dan Video, pengguna hanya akan melihat daftar streaming dari berbagai channel, termasuk yang sedang siaran, dijadwalkan, atau diarsipkan. 

Baca juga: Harga YouTube Premium Family Plan Naik, Jadi Berapa?

Sementara tab video, tampilannya akan menampung semua konten berdurasi panjang. Kedepannya pengguna tidak akan lagi melihat Shorts atau streaming di tab video.

Pembaruan ini mulai diluncurkan pada Jumat (28/10) waktu setempat. Dalam beberapa minggu mendatang, “Pengguna akan menemukan tab Shorts dan Live baru di samping tab Video Klasik di semua perangkat,” tutup pengumuman.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini