home ×
Telco

Telkom Bantu Perum Perhutani Go Digital Lewat Trembesi

05 January 2021 By
Telkom Bantu Perum Perhutani Go Digital Lewat Trembesi
Share
Share
Share
Share

Foto: Perum Perhutani

Uzone.id - Perum Perhutani melakukan tahap awal menuju transformasi ekosistem dengan bantuan solusi layanan dan teknologi milik Telkom. Kemarin, Senin, 4 Januari 2020, keduanya baru saja melakukan kegiatan ‘Go Live’ ceremony implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) Financial Controlling (FICO) dan Human Capital Management System (HCMS) project TREMBESI

TREMBESI merupakan nama project model kerjasama sinergi BUMN Perhutani dengan Telkom dan merupakan kepanjangan dari TRansformasi Ekosistem Menuju Bisnis pErhutani yang Sustain dan Inovatif. Hadir dalam kegiatan tersebut segenap Direksi Perhutani beserta jajaran, Direktur Enterprise Businees & Service Telkom beserta jajarannya, perwakilan talent dari kantor pusat dan Divisi Regional yang masing-masing diwakili 1 (satu) Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) serta segenap tim TREMBESI dan Run System.

Baca juga: Telkom Jadi Pengguna Pertama Super Komputer NVIDIA DGX A100 di Indonesia

Dalam sambutannya Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro menyampaikan bahwa Go live ERP FICO dan HCMS sejalan dengan salah satu Prioritas Kementerian BUMN yakni Kepemimpinan Teknologi. Menurutnya ERP ini bukan barang baru dalam dunia teknologi dan manajemen perusahaan, “Sedikit lebih lambat bila dibanding BUMN-BUMN besar lain, namun tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu perubahan dan perbaikan,” katanya.

Menurut Wahyu pada kesempatan pertama menerapkan ERP pihaknya memilih dua modul awal yakni FICO dan HCMS dikarenakan jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) Perhutani mencapai 18.000 orang yang tersebar di seluruh pulau jawa dan Madura, “Maka SDM jelas menjadi suatu hal yang penting dan harus dikelola dengan baik sehingga terwujudnya kepuasan karyawan dan keuntungan bagi perusahaan,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan dalam dunia bisnis sekarang harus semakin efektif, efisien dan berkualitas dengan memiliki sistem yang dapat memonitor pergerakan uang secara utuh dari seluruh satuan unit kerja dan seluruh pos anggaran hingga ke satuan rekening paling detail.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Pencapaian Telkom Indonesia

“Dengan ERP FICO ini manajemen dapat dengan mudah memonitor dan mengevaluasi sampai satuan unit kerja, apakah dalam keadaan untung ataupun rugi,” katanya.

“Sebagaimana tagline TREMBESI yakni ‘Berubah Hari Ini Untuk Melindungi Masa Depan’ project ini akan melindungi masa depan perusahaan untuk terus bertumbuh dan sustain,” tutup Wahyu.

Pada kesempatan yang sama Direktur Enterprise Businees & Service Telkom Edi Witjara menyampaikan terima kasih atas kepercayaan untuk mendukung program Perhutani dan pihaknya telah menjadi bagian dari transformasi Perhutani, “Ini bukti kolaborasi antar BUMN untuk menunjukan sinergitas dan implementasi BUMN Untuk Indonesia,” katanya.

Edi juga menyampaikan jika Trembesi ini masih dalam tahap awal, “Jika Trembesi sudah berjalan, mudah-mudahan menjadikan benefit bagi Perhutani, yakni bagaimana menjaga efisiensi, bagaimana proses bisnis yang tertata dengan baik dan ujungnya kepada value perusahaan,” tutupnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article