icon-category Telco

Telkomsel dan Smartfren Pastikan Jaringan Aman Pasca Erupsi Semeru

  • 08 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi: Unsplash

Uzone.id — Gunung Erupsi kembali erupsi pada 4 Desember kemarin, yang kemudian hal serupa kembali terjadi pada 5 Desember 2022 dini hari. Bagaimana kondisi sejumlah layanan operator seperti Telkomsel dan Smartfren?

Dari penuturan Vice President Consumer Sales Area Jawa Bali
Telkomsel Riny Novitriyanti, kondisi kualitas jaringan Telkomsel di wilayah Lumajang dan area terdampak erupsi tetap bagus untuk coverage Posko Utama.

“Kualitas jaringan menjadi hal yang penting, mengingat korban maupun warga yang terdampak erupsi membutuhkan untuk tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga yang ada di daerah lain. Begitu pula dengan relawan maupung petugas, kelancaran berkomunikasi di wilayah bencana menjadi krusial karena ini menyangkut ketepatan dan kecepatan dalam menangani korban bencana erupsi,” kata Riny dalam pernyataannya kepada Uzone.id.

Hal yang sama juga dikatakan VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat.

Baca juga: Listrik Putus Pasca Erupsi Semeru, Bagaimana Jaringan XL dan Indosat?

"Kondisi network Smartfren aman. Saat ini seluruh site kami tetap beroperasi normal dan masyarakat bisa menggunakan seluruh layan telekomunikasi Smartfren. Kondisi force majeur ini memerlukan penanganan yang cepat, sehingga Smartfren selalu siaga dan memonitor situasi di sana selama 24 jam,” ungkap Agus saat dihubungi secara terpisah.

Lebih lanjut, Riny menjabarkan bahwa Telkomsel ikut membantu meringankan warga Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Diketahui Telkomsel telah menyalurkan bantuan awal berupa 250 kg beras, 20 dus mie instan,100 voucher fisik 2.5GB khusus untuk relawan dan petugas serta 20 SP 3GB untuk membantu kelancaran relawan dan petugas dalam menangani korban bencana erupsi.

“Semua bantuan sudah kami kirimkan ke lokasi Posko Pengungsian Utama di Lapangan Candipuro Lumajang. Kami berharap bantuan awal ini dapat meringankan sementara kebutuhan pokok para pengungsi agar tidak kekurangan asupan makanan,” tukas Riny.

Baca juga: Strategi Telkomsel, XL dan Indosat Jelang Resesi 2023

Untuk bantuan berikutnya disampaikan akan terdiri dari kebutuhan mendesak pengungsi yakni pampers, tissue kering, tissue basah, masker, bantal, tikar, susu UHT dan obat-obatan ringan.

Sedangkan para relawan membutuhkan masker, APD, senter, helm dan lampu emergency yang memang penting dipakai saat bertugas membantu para pengungsi.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan XL Axiata mengatakan bahwa jaringannya berangsur membaik setelah sebelumnya sempat terkendala karena pasokan listrik terputus.

“BTS kami yang terdekat berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat erupsi. Erupsi dan hujan abu serta pasirnya cukup dahsyat sampai memutus pasokan listrik ke beberapa BTS. Sebagian BTS lainnya tetap bisa menyala karena ada genset,” ungkap Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

Sedangkan SVP-Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang memastikan jaringan IOH saat ini sudah berjalan normal meskipun sebagian pelanggan sempat merasakan kendala karena 7 sites kami di wilayah yang paling terdampak erupsi Gunung Semeru mengalami kendala pasokan listrik pada Minggu sore.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini